Jokowi Resmikan KRL Yogyakarta-Solo, Transportasi Ramah Lingkungan Terus Diutamakan
Presiden didampingi Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubowono X dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencoba . (Foto: Setkab)

Elangnews.com, Yogyakarta – Kereta rel listrik (KRL) kini tak hanya menjadi monopoli warga Jabodetabek tetapi masyarakat di Yogyakarta, Solo dan sekitarnya juga dapat menikmati sejenis.

Presiden Jokowi, Senin (1/3/2021), meresmikan KRL Yogyakarta-Solo di Stasiun Tugu disaksikan Sri Sultan Hamengbuwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Kita harapkan ini bisa membantu, baik mobilisasi orang maupun barang dari Yogya ke Solo, Solo ke Yogya, dan juga bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi kita,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Baca Juga:   TP3 Temui Jokowi, Bahas Penyelesaian Kasus Tewasnya Enam Laskar FPI Melalui Pengadilan HAM

Jokowi melanjutkan, KRL adalah moda transportasi yang dan ia juga berharap transportasi semacam itu itu akan terus dikembangkan.

“Saya kira moda transportasi di negara kita ke depan harus semuanya mengarah kepada kereta transportasi massal yang ramah lingkungan. Juga kendaraan-kendaraan semuanya ke depan harus ramah lingkungan, yaitu listrik,” ujarnya.

Jokowi menyebutkan KRL Yogyakarta-Solo juga sangat efisien dari segi waktu dan biaya. KRL memiliki waktu tempuh lebih cepat 10 menit dari Kereta Prambanan Ekspres (Prameks) yang sebelumnya beroperasi. Juga biaya operasional lebih hemat 50 persen per penumpang per kilometer.

Baca Juga:   Arief Poyuono: Saya Itu Mau Menjerumuskan, Menampar dan Mencari Muka Jokowi

“Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali dan juga yang paling penting kereta ini, kereta listrik ini adalah ramah lingkungan,” ujarnya.

Presiden dan rombongan sempat mencoba pengoperasian KRL didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Ganjar Pranowo. (Yat/Red)