Jokowi: Kabinet Indonesia Maju Dipenuhi Kader HMI
Presiden (Foto: Setkab)

Elangnews.com, Jakarta – Presiden Jokowi membuka Kongres ke-31 Himpunan Islam () di Surabaya, Jawa Timur, secara virtual, Rabu (17/3/2021). Dalam pidatonya Jokowi menyebut dipenuhi kader HMI.

Jokowi pun sambil tersenyum mengabsen kader HMI yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi menyebut Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menpora Zainuddin Amali, Menteri Perencanaan Pembangunan dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Baca Juga:   Baru Sebulan Diteken, Lampiran Perpres Investasi Miras Dihapus

“HMI semuanya, mungkin ada yang saya tak sebutkan. Tapi ini sudah banyak, terlalu banyak,” kata Jokowi.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut HMI telah banyak melahirkan tokoh umat dan para pemimpin bangsa yang berkontribusi pada ladang pengabdian yang luas dan beragam.

Jokowi mengingatkan kader HMI tidak terpaku hanya pada kebesaran-kebesaran masa lalu. Di era disrupsi dengan perubahan yang sangat cepat saat ini, Jokowi berharap HMI tumbuh bersama zaman, adaptif dengan kebaruan dan tanggap menghadapi realitas-realitas baru.

Baca Juga:   Babak Baru Kudeta Partai Demokrat, SBY Versus Moeldoko

“HMI bisa menjadi lokomotif kemajuan bangsa dan tetap melahirkan SDM-SDM unggul serta pemimpin-pemimpin masa depan yang akan mengantarkan bangsa ini siap berkompetisi dalam era hiperkompetisi,” ujarnya.

“Saya berharap, dengan segenap potensi yang dimilikinya, HMI mampu meneruskan dan mewujudkan cita-cita besar para pendiri untuk menyelaraskan keislaman dan keindonesiaan, memperkokoh persatuan bangsa di tengah keberagaman, dan menjadi pilar penyokong integrasi bangsa,” harapnya. (Yat/Red)