Jokowi Ajak Gaungkan Benci Produk Asing, Netizen: Produk China Juga Pak?
Presiden mengajak pengelola pusat perbelanjaan untuk menyingkirkan produk asing ke tempat tak strategis. (Foto: Setkab)

Elangnews, Jakarta – Ajakan Presiden Jokowi untuk mengutamakan dan mencintai produk lokal dengan menggeser produk asing ditanggapi santai bahkan menjadi lelucun bagi sejumlah kalangan dan netizen. Mereka menganggap pernyataan Presiden hanya sebatas kampanye.

Presiden mengajak bangsa Indonesia untuk mengutamakan produk dalam negeri tersebut tercetus dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Jokowi meminta para pengelola mal dan pusat perbelanjaan untuk menempatkan produk lokal berada paling depan dan di posisi strategis. Sementara produk asing disingkirkan ke tepat sebaliknya.

Baca Juga:   Jokowi Bikin Kementerian Investasi, PRIMA: Rezim Pelayan Investasi

Menyikapi ajakan Presiden, Muhammad Lutfi memastikan produk-produk lokal akan menjadi primadona di berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia. Dia akan berkampanye agar orang Indonesia bangga menggunakan produk-produk dalam negeri.

“Upaya tersebut sejalan dengan program pengembangan produk nasional melalui Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang digagas Presiden Jokowi,” ujarnya.

Namanya juga netizen kalau nggak nyinyir nggak rame. Ajakan Presiden demikian ditanggapi dengan ungkapa satire nan lucu.

Baca Juga:   KPK Layangkan Surat ke Jokowi Soal Pengganti Artidjo Alkostar

Seorang netizen misalnya bertanya, “Termasuk produk China juga,Pak?”

Mantan anggota Ombudsman Indonesia Alvin Lie juga sampai ikut berkomentar. “Kok jadi begini ya? Sebegitu lemahnya kah produk lokal sehingga harus pakai jurus yang tidak elegan?” tanyanya heran.

Lebih kocak lagi sejarawan dan budayawan Betawi JJ Rizal yang langsung menyindir kegemaran Jokowi. “Presiden stop ngefans Metallica en mulai denger Benyamin S,” ujarnya.

Bagaimana Pak Jokowi?