Banjir
Ilustrasi gambar oleh suray/elangnews.com

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Dilaporkan bahwa banjir hari ini bukan hanya melanda Jakarta, daerah lainnya seperti Depok, Bekasi, Tangerang, juga mengalami hal yang serupa. Bahkan sepanjang bulan Februari setidaknya pulau Jawa terendam banjir, sebelumnya wilayah Kalimantan Selatan harus berjibaku menghadapi luapan air yang datang mendadak.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati sudah memberikan peringatan kepada masyarakat agar mewaspadai potensi hujan deras terutama yang akan terjadi pada hari ini, Sabtu (20/2).

Berdasarkan laporan pemantauan BMKG yang diterima oleh Elangnews.com, intensitas hujan hari ini jauh lebih besar dan merata ketimbang kemarin, Jumat, 19 Februari 2021.

“Untuk hari ini prediksi kami justru akan terjadi peningkatan intensitas curah hujan. Dapat berkembang menjadi lebat hampir di seluruh wilayah Jabodetabek,” Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers daring pada Sabtu, 20 Februari 2021.

BMKG menyatakan bahwa pada saat ini seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek, berada pada status puncak musim hujan dan diperkirakan akan berlangsung terus sampai akhir Februari atau awal Maret 2021. Dwikorita menambahkan agar mewaspadai hujan lebat pada tanggal 23 dan 24 Februari mendatang.

Ibu Kota dikepung banjir
Sejak seminggu ini hujan lebat terus mengguyur Bekasi, bahkan pada tanggal 19 Februari kemarin dilaporkan banjir di perumahan Bumi Nasio Indah, Bekasi , terendam banjir hingga hampir 3 meter. Ratusan rumah terendam air dan pengungsi mulai bergerak ke lokasi yang lebih tinggi dan aman.

Baca:  Sujiwo Tedjo dan Warganet Tanggapi Banjir Semarang

Kondisi serupa juga terjadi di Perum Pondok Gede Permai, Jatiasih, Kota Bekasi. Genangan air setinggi paha orang dewasa melanda ratusan rumah dan sebagian warga terpaksa harus bertahan dalam kondisi yang memprihatinkan.

Seperti dilaporkan Badan Penanggulangan Banjir Daerah (BPBD) Kota Bekasi yang dikutip dari Kompas.com setidaknya lebih dari 80 titik banjir di seluruh kecamatan Bekasi sudah terendam air, tak terhitung berapa jumlah kerugian yang dialami warga.

Kota Tangerang Selatan, seperti dilaporkan Badan Penanggulangan Banjir Daerah (BPBD) Kota Tangsel setidaknya ada 11 titik yang rawan banjir, yang tersebar di 7 wilayah kecamatan, dan terbanyak ada di wilayah Pondok Aren akibat luapan kali Ciputat.

Kondisi yang tidak jauh berbeda juga dialami oleh Kota Depok. Seperti di wilayah Jalan Raya Juanda, Perumahan Griya Merdeka Timur, Perumahan Kenari De’ Residence, dan beberapa titik lainnya terendam banjir sejak Jumat lalu (19/2).

Dengan kondisi yang demikian, tak heran ketika Jakarta hari ini mengalami situasi yang serupa dengan kota-kota yang ada di sekitarnya. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, seperti dikutip dari detik.com menyatakan setidaknya 200 RT di seluruh Jakarta telah terdampak banjir.

Baca:  Gubernur DKI Anies Baswedan: Wajah Baru Senen Hasil Kolaborasi Dinas Bina Marga

Dampak banjir hari ini bahkan membuat media asing turut menulis artikel sebagai sebuah reaksi atas peristiwa tersebut. Seperti dari Channel News Asia, sebuah media yang berbasis di Singapura, memberitakan banjir yang terjadi hari ini dalam artikel bertajuk “Jakarta slammed by monsoon floods, more than 1,000 forced to evacuate”.

Sedangkan Al-Jazeera menulis artikel yang diberi judul “Monsoon floods hit Indonesian capital, forcing 1,300 to evacuate”.

“Meski penduduk Jakarta terbiasa dengan banjir besar di musim hujan, para ilmuwan memperingatkan bahwa banjir semakin parah,” tulis Al-Jazeera dalam artikelnya.

Serupa tahun-tahun yang lalu, banjir hari ini sudah menjadi persoalan besar yang harus segera dicarikan jalan keluarnya. Tak hanya oleh Gubernur Anies Baswedan dan wakilnya yang baru, Ariza Patria, namun kepala-kepala daerah di sekitar Jakarta juga perlu duduk bersama. Pemerintah pusat harus segera turun tangan bahu membahu membantu kondisi agar tidak semakin buruk. Bukan lagi waktunya untuk mencari-cari keuntungan politik dari bencana banjir saat ini, apalagi saling serang opini dan membangun pencitraan diri. (trd/red)

Berita Nasional & Peristiwa : Jakarta Dikepung Banjir dan Reaksi Media Asing, ElangNews.com.