ElangNews.com – Saksikan gerhana bulan saat bulan berang-berang purnama akhir pekan ini, 30 November 2020. Beristirahatlah dahulu dari belanja liburan online akhir pekan ini untuk menikmati bulan purnama dan gerhana bulan penumbral.

Kedua acara tersebut akan terlihat Senin pagi waktu Amerika Utara dan Selatan, Australia, dan sebagian Asia.

Gerhana bulan hanya dapat terjadi pada saat bulan purnama, namun gerhana bulan penumbra berbeda dengan gerhana bulan total.

Gerhana penumbra terjadi saat bulan bergerak ke penumbra bumi, atau bayangan luar. Ini menyebabkan bulan terlihat lebih gelap dari biasanya.

Selama gerhana bulan total, perubahannya lebih dramatis karena seluruh bulan tampak berwarna merah tua.

Ini adalah gerhana penumbra terakhir tahun ini dan akan terlihat oleh orang-orang di Amerika Utara dan Selatan, Australia, dan sebagian Asia. Periksa Waktu dan Tanggal untuk melihat kapan hal itu akan terjadi di wilayah Anda.

Sekitar 85% bulan akan berubah warna menjadi lebih gelap selama fase puncak atau tengah gerhana. Meskipun jenis efek bayangan bulan ini terlihat, peluang terbaik Anda untuk melihatnya mungkin melalui teleskop, menurut NASA.

Tapi jangan khawatir untuk mencoba menentukan kapan bulan masuk dan keluar dari penumbra, yang tidak terlihat bahkan melalui teleskop.

Pada 30 November, bulan akan memasuki penumbra pada 2:29 a.m ET dan meninggalkan penumbra pada 6:56 a.m. ET. Puncak gerhana saat bulan tergelap adalah pada pukul 04.42.

Berbeda dengan gerhana matahari, Anda tidak memerlukan kacamata khusus untuk melihat gerhana bulan.

Bulan juga akan mencapai titik purnama pada pukul 4:30 pagi ET pada tanggal 30 November. Setiap bulan memiliki namanya sendiri yang dikaitkan dengan bulan purnama.

Untuk November, itu adalah bulan berang-berang purnama. Ia juga dikenal sebagai bulan es purnama karena suhu dingin bulan November.

Penduduk asli Amerika menyebutnya bulan berang-berang karena mereka menghubungkannya dengan saat berang-berang selesai membangun pondok mereka, yang terbuat dari ranting dan lumpur, untuk mempersiapkan musim dingin.

Baik Anda keluar dari tempat penampungan musim dingin atau hanya melihatnya sekilas ke luar jendela, perhatikan langit Senin pagi untuk menyaksikan gerhana bulan penumbra terakhir tahun ini.

Berita Nasional & Peristiwa : Info Gerhana Bulan Hari Ini November 2020, ElangNews.com.