HRS Tersangka, Sekjen PKS Tawarkan Jadi Penjamin

ELANGNEWS.COM – Anggota Komisi III DPR RI dari PKS, Aboe Bakar Al-Habsy menyatakan dirinya siap menjadi penjamin untuk penangguhan penahanan HRS oleh Polda Metro Jaya. Menurut Aboe penahanan HRS sangat disayangkan, mengingat demikian banyak kasus pelanggaran kerumunan yang terjadi, selama proses pilkada terdata oleh Satgas Covid-19 ada sekitar 178.039 kasus namun tidak ada yang diproses pidana sebagaimana HRS.

Karena kalau kita lihat selama pilkada kemarin Satgas Covid-19 mencatat adanya 178.039 (pelanggaran kerumunan) tidak ada satu pun yang diproses pidana. Bisa jadi HRS ini adalah orang pertama yang ditahan lantaran protokol kesehatan,” ujar Habib Aboe, sapaan akrabnya dalam keterangan resmi, Ahad (13/12).

Ini menunjukkan bahwa beliau sangat menghormati proses hukum yang dilaksanakan oleh otoritas yang berwenang,” ujar sekretaris jenderal (sekjen) PKS tersebut.

Dengan dasar pandangannya itu, Aboe menyatakan diri ingin menjadi penjamin untuk penangguhan penahanan HRS, sesuai dengan aturan pasal 31 KUHP, setiap tersangka dapat mengajukan penangguhan penahanan.

Tentunya kita ikuti prosedur yang berlaku, saya sudah sampaikan hal ini dengan kuasa hukum HRS,” ucap Aboe.

Baca:  HRS Resmi Tersangka Kasus Kerumunan Petamburan

Menurut aturan perundang-undangan, penangguhan penahanan dapat diberikan dengan tiga syarat. Pertama, dengan tidak akan mengulangi tindak pidana yang disangkakan. Kedua, tidak menghilangkan barang bukti dan ketiga adalah dengan tidak akan melarikan diri dari hukum.

HRS menurut pendapatnya memenuhi ke tiga syarat tersebut. Hingga, penangguhan penahanan HRS seharusnya dapat dilakukan oleh penyidik.

Namun tentunya semua akan Kembali kepada penyidik, karena mereka yang memiliki kewenangan untuk mengabulkan atau tidak pengajuan penangguhan penahanan tersebut,” ucap ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI ini.

Komentar netizen:

Widodo Judarwanto
Dalam sebuah tayangan stasiun TV LN, seorang ibu ditanya, bagaimana kalau saat ini ibu bertemu Rasulullah. Masya Allah si ibu tak menjawab, tetapi menangis terisak isak. Apakah karena si ibu teringat nasib cucu Nabi di negeri seberang ? Wallahualam Bissawab,

Adi Pranoto
Kalau saya jadi politikus saya akan cari amany saja…akhir bulan bayaran dgn plus2y.. dukung yg masay banyaky spy aman …. kata upin : betul…betul…betul..
ini waktu saya berteman sama Upin jaman TK dulu..
Sekarang saya uda tua jadi malu punya impian seperti di atas…

Baca:  Komisi III DPR RI, Romo Syafii: Berhentilah menghina Ulama!

Jeni Hari Saputra
Mantap nah habib abu bakar DPR RI perwakilan kalsel dr PKS

Reza Permana
PKS yg selalu konsisten membela NKRI khusysnya umat Islam, Selama ini, partai atau ormas Islam memang memilih dakwah mengajak kebaikan saja, tapi jarang yg benar benar menegakkan kebenaran. Mulailah alihkan dukungan suaramu ke PKS

Edy Sulistyo
Gugat om, tegakkan keadilan secara konstitusional. PKS akan moncer jika mampu melakukan pembelaan dan menegakkan keadilan.

Als Adzani
Niat yg baik dan bagus…
Namun percuma…pemasalannya saja maksa dan relatif nuansa politis.
Dan ga bakal mungkin bisa krn sdh capek² usaha tp ditangguhkan…

Fathur Rahman
Ini merupakan tingkatan ukhuwah tertinggi dalam ISLAM yaitu merasa senasib sepenanggungan terhadap saudara yg sedang ditimpa kesusahan sebagaimana kisah ukhuwah Shahabat Nabi di Padang Yarmuk

Sam Syamsudin
Sehat selalu buat HRS dan sukses terus buat PKS

Muhammad Idris
Kalau PKS tidak bisa berbuat…..bubarkan aja partainya,TDK ada gunanya partai Islam ,kalau tidak bisa berbuat sesuatu terhadap ketidak adilan

Amuhi Arif
Pks partai yang konsisten tak mencla mencle hidup pks Allahu Akbar

Komentar lainnya