Meteorologi
Ilustrasi gambar: Elangnews.com/Suray

juga menandai sebagai tahun pertama dari program United Nations Decade of Ocean Science for Sustainable Development (2021-2030)”

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Tanggal 2021, merupakan peringatan Hari Meteorologi Sedunia yang ke-71. Seiring dengan terbentuknya World Meteorological Organization () atau Organisasi Meteorologi Dunia sejak tahun 1950.

WMO, menetapkan tema kali ini yaitu “Lautan, Iklim, dan Cuaca Kita”. Sebuah tema yang mengisyaratkan ikthiar untuk menghubungkan laut, iklim, dan cuaca dalam Sistem Bumi.

Dalam hal cuaca dan iklim, sebagian besar kita hanya memikirkan tentang apa yang terjadi di atmosfer. Namun, kita sering abai dan melupakan lautan.

Sekira 70 persen cakupan permukaan bumi, laut adalah penggerak utama cuaca dan iklim dunia. Memberikan pengaruh signifikan dalam perubahan iklim. Faktanya, laut juga membawa lebih dari 90 persen perdagangan dunia dan menopang 40 persen umat manusia yang hidup dalam jarak 100 km dari pantai. Laut adalah penggerak utama ekonomi global.

Hari Meteorologi Sedunia 2021 juga menandai sebagai tahun pertama dari program United Nations Decade of Ocean Science for Sustainable Development (2021-2030). Sebuah dekade dimana ilmu kelautan dimobilisasi dan digalang (melalui ide-ide inovatif dan transformatif) sebagai dasar informasi untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

WMO
Bendera World Meteorological Organization (WMO). Sebuah organisasi PBB yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss. (Foto: id.wikipedia.org)

World Meteorological Organization (WMO) awal mulanya bernama International Meteorological Organization (IMO) yang didirikan pada tahun 1873. Kemudian dibentuk pada tahun 1950, WMO menjadi badan khusus PBB dalam bidang meteorologi modern (cuaca dan iklim), hidrologi operasional, dan ilmu geofisika terkait. Markas WMO saat ini ada di Jenewa, Swiss.

WMO terdiri dari 186 negara anggota dan 6 anggota teritori. Indonesia masuk menjadi anggota WMO sejak 16 November 1950 dan berada di regional V Pasifik Barat Daya. (trd/red)