jokowi
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan keterangan pers soal polemik jabatan Presiden tiga periode, Senin (15/3/2021). Foto: presidenri.go.id

Elangnews.com, Jakarta – Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yakin wacana jabatan presiden tiga periode bukan berasal dari Presiden Jokowi. Ia menduga isu tersebut karena fenomena media sosial atau memang ada kelompok tertentu yang sengaja mengembuskan isu tersebut.

“Memang perlu ditelusuri, siapa mereka ini dan untuk apa merancang hal-hal yang seperti ini,” kata Fahri kepada wartawan di Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Fahri dengan tegas menyatakan sangat yakin Presiden Jokowi tidak mungkin memunculkan wacana itu. “Mengapa? Saya sendiri pernah dua kali bertanya langsung kepada presiden soal ini sebelum berakhir jabatan, dan jawabannya bulat, beliau (Jokowi) katakan tidak ingin dikenang sebagai orang yang menginginkan jabatan kembali,” ujarnya.

“Apalagi itu memerlukan perubahan konstitusi,” kata Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 ini.

“Ada kebiasaan jelek, karena semua isu termasuk yang tidak datang dari pihak yang legitimate pun dibesar-besarkan,” tambahnya.

Padahal isu ini, kata Fahri, sebenarnya sudah selesai sampai ditingkat presiden. Fahri yang juga Wakil Ketua Umum DPN Partai Gelora Indonesia ini meminta para elite negeri ini jangan sibuk atas sesuatu yang sebenarnya bukan bersumber dari sumber yang sebenarnya.

“Ketimbang meributkan hal yang belum tentu kepastiannya, sekarang ini sebaiknya fokus persoalan yang ada di depan mata,” ujarnya.

Fahri menyebutkan isu penting yang harus segera ditangani bersama adalah pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya, ada bencana alam, krisis kesehatan, ada krisis ekonomi yang akan datang dan mungkin sudah mulai melanda.

“Sebaiknya para elite dan kaum intelektual fokuskan perhatian untuk bagaimana Indonesia ini keluar dari berbagai persoalan yang ada di depan mata,” ujarnya. (Yat/Red)