Eropa Boikot Vaksin, Menkes Sebut Vaksinasi Sudah Capai 10 Juta Penduduk
Sadikin (Foto: Persi)

Elangnews.com, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melaporkan vaksinasi sudah menyasar 10 juta penduduk dan vaksinasi harian mencapai 500 ribu orang per hari. diharapkan tidak mengganggu Indonesia.

“Diharapkan laju vaksinasi berjalan seimbang dengan ketersediaan pasokan dosis di Tanah Air,” ujar Budi dalam keterangannya di kanal YouTube Setkab, Jumat (26/3/2021). “Diharapkan dengan ketersedian 15 juta vaksin per bulan kita sudah sesuai kecepatan penyuntikannya.”

Baca Juga:   Pandemi Covid-19 Sebabkan Penelitian Sains Alami Disrupsi, Apa Maksudnya?

Budi mengatakan, sudah melaporkan kepada Presiden Jokowi telah terjadi lonjakan di dunia termasuk di India sehingga telah terjadi embargo vaksin. Dikhawatirkan kasus ini bisa menganggu kedatangan vaksin ke Indonesia.

“Sehingga kemungkinan bisa mengganggu kedatangan vaksin ke Indonesia atau ketersediaan vaksin beberapa bulan ke depan,” ujarnya. “Pemerintah akan mengatur vaksinasi sehingga tidak menganggu laju vaksinasi di Indonesia.”

Baca Juga:   Selamat, Dr. Habib Rizieq Shihab!

Menurut Budi, di sejumlah negara sudah terjadi lonjakan kembali Covid-19. Penyebabnya selain karena ada mutasi juga karena mobilitas manusia yang terlalu agresif.

“Arahan Presiden coba dicari titik keseimbangan agar hasil yang sudah bagus penurunan Covid-19 di Indonesia tidak hilang momentum perbaikannya. Sehingga kita mengalami lonjakan seperti di Eropa,” harapnya. (Yat/red)