ELANGNEWS.COM Irjen Pol mengungkapkan kini divisi yang dibawahinya tengah melakukan tindakan investigasi terkait kasus penembakan yang berakhir dengan tewasnya enam anggota . Propam akan menyelidiki apakah tindakan para aparat kepolisian sudah sesuai dengan prosedur pembelaan diri yang tertuang dalam peraturan Kapolri Kapolri Nomor 1 dan 8 Tahun 2009 atau belum.

(Langkah Div Propam) terkait pengawasan terhadap tindakan kepolisian dalam kasus penyerangan anggota FPI terhadap anggota Polri. Akibat penyerangan itu, ada tindakan kepolisian yang menyebabkan penyerang meninggal dunia,” ucap Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Rabu (9/12).

Sambo kembali menjelaskan, isi Perkap Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian. Sedangkan Perkap Nomor 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Itu yang kami lakukan pengawasan, apakah sudah sesuai dengan Perkap terkait penggunaan kekuatan. Kalau sesuai penggunaan kekuatannya berdasarkan Perkap, akan disampaikan secara transparan,” katanya.

Namun, Sambo menegaskan keterlibatan divisi nya ini bukan karena adanya indikasi pelanggaran oleh aparat hanya untuk mengecek kesesuaian dengan perkap saja.

Bukan karena sudah terindikasi melanggar. Kami memang bertugas mengecek penggunaan kekuatan sudah sesuai Perkap atau belum,” ujar Sambo.

DIV Propam Polri Usut Tindakan Bela Diri Aparat Tembak Laskar FPI

Komentar netizen:

Rahman Rasyid
share dari salim L Indra
Mohon maaf neh, saya lihat revolver yg dijadikan barbuk sepertinya barang kolektor… Satu cromoly model dan handle putih gading dan Wood style… Harga nya pasti sangat mahal… Agak sangsi saya anggota FPI yg punya barang barang ini…
.
Begitu juga katana dan Persian .. terutama pedang Persian itu minimal 25 jutaan. Gagangnya saja kayu dengan model paku emas plus sarung kulit…
.
Hayo ini koleksi siapa….???😂😂😂 Harusnya gampang dicari pemiliknya… Karena sangat segmented yg punyanya…
.
Tapi sekali lagi, melihat kemampuan laskar FPI selama ini… Agak ragu saya mereka mampu membelinya.🙏 Mungkin analisa saya salah… Tapi seharusnya team pencari fakta bisa mulai dari hal ini😀

Menunggu Jenazah Korban Bentrok FPI-Polisi, Romo Syafii Merasa Tertipu

Abu Umar
Apa bisa mengungkap borok institusinya sendiri…jadi ragu sy……semoga ada jalan dari yg maha kuasa utk mengungkap kebenaran yg sesungguhnya….

Adhitia Pratama
ada anak SMA bela diri sampai membunuh begal, saat ini anak itu dipenjara…Kalau sampai tidak ada tindakan hukum apapun, berarti hukum hanya omong kosong di negeri ini sekarang

adho Ok
Kasus penyiraman air keras novel baswedan aja siapa yg melakukannya.. Taulah.. Rakyat mah gak akan percaya sama wercok

Sugiyadi
Makin hari makin hilang rasa percaya pada aparat penegak hukum,..dan itu semua karena ketidakadilan yg mereka pertontonkan secara jelas,..

Rudi Haryatno
kita hanya bisa mengadukan pada Allah atas kedzaliman ini, orang orang yang terlibat, dan orang orang yg senang dengan kedzaliman ini

Adam Marto Soekarno
Hasilnya sesui prosedur ,,,,karena membahayakan nyawa petugas moga aja salah tebak

Rekonstruksi Penembakan Anggota Laskar, IPW Ungkap Tiga Pelanggaran SOP

Hari Pak-e Cah Papat
Saya kok nggak yakin ya kalau kasus campur politik gini #BentukTimPenyelidikIndependen

Isan Samuel
Hukum tdk jelas, apa saja dicari kesalahan dan hukumannya. Hak setiap orang utk tdk memenuhi panggilan apalagi kalau dasar hukumnya tdk jelas serta tdk ada persamaan dan keadilan hukum. Tindakan secara membabi buta membunuh 6 orang sekaligus adalah tindakan biadab dan tdk berprikemanusia serta menyalahi hukum yg ada. Setiap warga negara mempunyai hak utk hidup dan jaminan keamanan dan penganiayaan dari pertugas bersenjata.

Ganda Lius
Pak pol jgn terkecoh, bahasa kepemilikan dan membawa itu beda jauh. Seseorang sangat bisa membawa sesuatu yg bukan miliknya.
Sedang itu munaroh dan penasehat hukumnya nyinyir aja pembuktian kepemilikan.

Eyate
Biasanya klo yg namanya tembak menembak itu ada barang mobil dll yg rusak… Ini buktinya gak ada samasekali. Yg diperlihatkan cuma senjata yg katanya itu milik laskar FPI. Terlalu kurang detail cara anda berbohong

Dhani Hamdani
Apapun yg gue bilang klian harus percaya..tai anjing klo gue bilang itu roti, ya berarti kalian harus percaya klo itu roti.
Klo kalian ga percaya n membantah nanti akan saya pidanakan.
Koplak bener kan gue…😂😂😂

Sjafrudin Kanani
..klo ada 6 orang yg ditembak 1 org .. masih bisa diterima otak waras ..
..klo 6 orang semua mati ditembak … berarti ada pembungkaman thd saksi hidup dg sengaja ..

Komentar lainnya