Dewan Pers Sebut Sudah 5.512 Wartawan Divaksinasi
Ketua M. Nuh (kanan) bersama Presiden Jikowi meninjau . (Foto: Kominfo)

Elangnews.com, Ketua Dewan Pers M. Nuh menyampaikan hari ini secara serempak telah divaksinasi sebanyak 5.512 wartawan yang divaksinasi . Vaksinasi tidak hanya di Jakarta tetapi juga akan dilakukan di sejumlah daerah.

“Berkat Pak Menkominfo dan Pak Menkes apa yang disampaikan Bapak Presiden pada saat Hari Pers Nasional itu hari ini bisa kita laksanakan 5.512 (wartawan yang divaksinasi),” ujar M. Nuh saat mendampingi Presiden meninjau pelaksanaan vaksinasi di Hall Basket Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (25/02/2021).

“Kami akan terus bergerak di daerah-daerah, mereka pun yang di daerah harus kita pastikan mendapatkan vaksin, karena ini bagian dari perlindungan,” tambahnya.

Vaksinasi Covid-19 juga didukung pemerintah daerah dan ekosistem media serta startup digital. Ada dukungan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Literasi Digital Siberkreasi, Persatuan Wartawan Indonesia, Telkom, Telkomsel, Halodoc, Gojek dan Grab.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek, Shinto Nugroho mengatakan Gojek turut mendukung kelancaran dan keamanan mobilisasi peserta dari kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo.

Baca Juga:   Muhammadiyah Anjurkan Masyarakat Salat Tarawih di Rumah

“Gojek memberikan lebih dari 5.000 voucher perjalanan GoRide dan GoCar serta 3.500 voucher GoFood yang dapat dimanfaatkan oleh rekan-rekan media dan seluruh peserta. Hal ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi atas peran dan kontribusi rekan-rekan media selama ini, khususnya di masa pandemi,” tandasnya.

Menurut Shinto Nugroho, Gojek mendukung penuh program vaksinasi Covid-19 yang tengah digencarkan pemerintah. “Kami menyambut baik vaksinasi bagi insan pers yang selama ini menjadi garda terdepan dalam menyampaikan dan mewartakan informasi aktual bagi masyarakat,” katanya.

CEO dan Cofounder Halodoc Jonathan Sudharta menyatakan kebanggaan menjadi bagian dari pelaksanaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bagi rekan-rekan media.

“Di saat penuh ketidakpastian ini, media berperan penting dalam memberikan informasi yang benar dan faktual bagi masyarakat, terlebih di tengah maraknya penyebaran hoaks seputar Covid-19,” ujarnya.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata juga menyatakan dukungannya atas pelaksanaan vaksinasi kepada awak media. “Rekan media telah menjadi gugus terdepan untuk memberikan informasi akurat dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:   Sah, BPOM Terbitkan Use Authorization untuk Vaksin AstraZeneca

Dalam tahap pertama vaksinasi massal untuk awak media ini sebanyak 5.512 wartawan terdaftar setelah dikoordinasikan oleh Dewan Pers. Mereka berasal dari 10 organisasi konstituen Dewan Pers antara lain Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI).

Kemudian, Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Aliansi Media Siber Indonesia (AMSI), Serikat Penerbit Suratkabar (SPS), dan Pewarta Foto Indonesia (PFI).

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Awak Media akan digelar selama tiga hari mulai Kamis (25/02/2021) hingga Sabtu (27/2/2021) di Hall Basket Senayan Jakarta. Vaksinasi Covid-19 untuk awak media diselenggarakan Kementerian Kominfo didukung Kementerian Kesehatan, Dewan Pers dan Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta.