yasonna
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Hamonangan Laoly. (Foto: kemenkumham.go.id)

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan, kubu Ketua Umum Partai telah menyerahkan dan mendaftarkan kepengurusan hasil Kongres Luar Biasa () Deli Serdang ke Kementerian Hukum dan HAM dan diterima oleh Dirjen AHU (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum) Cahyo Rahadian Muzhar.

“KLB sudah memasukkan hari Senin lalu, sore diterima oleh Dirjen AHU,” ujar Yasonna di hadapan pimpinan dan anggota Komisi III DPR di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga:   Jhoni Allen Sebut AHY Palsukan AD/ART Partai

Sebelumnya, Dirjen AHU Kemenkumham juga sudah menerima sejumlah dokumen dari kubu Agus Harimurti Yudhoyono alias , pada Senin (8/3/2021). Kubu AHY mengklaim dokumen yang mereka bawa membuktikan tidak sesuai dengan AD/ART .

Kemenkumhan memastikan pihaknya akan mempelajari semua dokumen yang telah diterima secara baik. Yasonna juga menegaskan Kemenkumham professional dan bekerja sesuai ketentuan hukum.

Baca Juga:   Moeldoko Cs Resmi Adukan AHY ke Polisi, Diduga Palsukan Akta AD/ART

“Kalau itu betul-betul tidak sesuai hukum, tidak sesuai AD/ART, kita mengambil keputusan itu, tapi kalau sesuai pula bagaimanalah aku mengambil keputusannya lagi, tapi yakin dan percaya saja,” pungkasnya.

Adapun kubu Demokrat Moeldoko sebelumnya menuding kubu AHY diduga memalsukan akta pendirian partai. AD/ART 2020 bertentangan dengan Undang-undang Dasar 1945 dan Undang-undang Partai Politik.

Demokrat kubu Moeldoko menyerahkan total berkas dan dokumen pendukung sebanyak dua kontainer ke Kemenkumham. (trd/red)