Dede Yusuf Kunjungi Danau Toba, Pemerintah Siap Kucurkan Dana Rp 2 Triliun
Wakil Ketua dan Menparekraf . (Foto: Kemenparekraf)

Elangnews.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf Macan Effendi memimpin kunjungan spesifik ke kawasan . Kawasan yang menjadi bagian dari Destinasi Super Prioritas () ini masih banyak yang harus dibenahi.

“Saya memimpin rombongan Komisi X bertemu dengan bupati, pimpinan daerah dan para pelaku pariwisata yang terkena dampak ekonomi selama ini. Kebetulan Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno juga berada di sana, dan mengikuti kegiatan diskusi dengan masyarakat pariwisata bersama kita,” ujar Dede Yusuf dalam akun pribadinya, Sabtu (27/3/2021).

Baca Juga:   BURT Ajukan Kebutuhan Anggaran DPR Rp7,99 Triliun

Menurut Dede, Kawasan Danau Toba merupakan DSP yang akan mendapatkan alokasi cukup besar. “Sekitar Rp 1-2 triliun akan digelontorkan ke sana. Saya dan Komisi X menggali informasi atau belanja masalah terlebih dahulu,” tuturnya.

Dari hasil pengamatan Komisi X, kata Dede, ternyata masih banyak yang harus disiapkan sebelum menggelontorkan investasi besar besaran di sana.

“Salah satunya yang saya tangkap adalah pendidikan SDM kepariwisataan dan upgrading skill dari sisi merchandise, UKM, design dan pelatih permainan,” ujar mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini.

Baca Juga:   Waket DPR: Mitigasi Bencana Harus Kedepankan Teknologi

“Juga yang kami tangkap sebagai zona destinasi alam dan maritim, masih perlu lebih banyak kapal pengangkut seperti ferry dan pelabuhan standar di beberapa zona,” tambah politikus Demokrat ini.

Menurut Dede, soal Pariwisata Danau Toba, tidak hanya menjadi urusan Menparekraf tapi juga harus lintas kementerian. “Namun dari potensi yang terlihat memang luar biasa sekali. Semoga kita bisa mengembangkannya menjadi lebih maju dan keren,” harapnya. (Yat/Red)