Dalam Hitungan Menit, Moeldoko Ketum dan Marzuki Alie Ketua Dewan Pembina Demokrat
Suasana Partai di Hotel The Hill , Deli Serdang, Sumatra Utara (Foto: Kompas TV)

Elangnews.com, Jakarta – Seperti sudah diperkiarakan sebelumnya Kepala Kantor Staf Kepresiden ditetapkan sebagai Ketua Umum di Kongres Luar Biasa (KLB) di Sibolangit, Suamatra Utara, Jumat (5/3/2021). Kongres disebutkan hanya hanya berlangsung 40 menit.

Dikutip dari Antaranews.com, dalam sidang yang dipimpin tersebut juga menetapkan mantan Wakil Ketua DPR sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.

Baca Juga:   AHY Turun ke Jalan, Mereka Bakal Menyerbu Kantor Yasonna Laoly

Menariknya, pemilihan ketua umum dilakukan secara voting tidak melalui aklamasi. “Sehingga dengan keputusan ini, maka Agus Harimurti Yudhoyono () dengan demikian dinyatakan demisioner,” kata Allen.

Moeldoko sendiri tidak hadir dalam KLB di The Hill Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang tersebut. Moeldoko hanya menyampaikan pidato dan kesediannya lewat telepon.

Sebelum menerima, Moeldoko mempertanyakan tiga hal kepada peserta KLB. Yaitu soal apakah KLB sudah sesuai AD/ART, soal jaminan keseriusan peserta KLB dan jaminan untuk mengutamakan NKRI serta kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Baca Juga:   Prahara Demokrat, Sri Mulyono: SBY Guru KLB, Guru Kudeta

Semuanya dijawab sesuai dan siap. “Baik, dengan demikian. Saya menghargai dan menghormati keputusan saudara. Oke kita terima menjadi ketua umum,” ujar Moeldoko (Yat/Red)