corona
Ilustrasi gambar: Elangnews.com/Suray

Elangnews.com, Jakarta – Badan Regulasi Pengawasan Obat dan Produk Kesehatan (Medicines Health Regulatory Authority/MHRA) dan Badan Pengawas Obat Eropa (European Medicine Agency/EMA) menegaskan vasksin produk tidak berbahaya. Manfaat jauh melebihi risikonya.

Dalam pernyataan yang diterima Elangnews.com, Minggu (21/3/2021) dari AstraZeneca Indonesia, MHRA telah melakukan peninjauan terhadap beberapa kejadian di antara lebih dari 11 juta orang yang menerima vaksin AstraZeneca di Inggris.

“Regulator Inggris mengkonfirmasi bahwa manfaat vaksin dalam mencegah Covid-19 jauh lebih besar daripada risikonya, dan masyarakat direkomendasikan untuk tetap mengikuti proses ,” kata Ann Taylor, Chief Medical Officer AstraZeneca.

Baca Juga:   Buka Masa Sidang, Puan Maharani: DPR Perkuat Pengawasan Anggaran Covid-19

Ann Taylor melanjutkan, kasus kurang dari satu kasus di antara satu juta orang yang divaksinasi di Inggris. “Pembekuan juga dapat terjadi secara alami (tanpa vaksinasi). Artinya, hubungan kausal dengan vaksin belum ditetapkan,” kata Ann Taylor.

Ditambahkan, Ann Taylor, keamanan vaksin menjadi yang terpenting. “AstraZeneca menyambut baik keputusan lembaga otoritas dan regulator yang menegaskan manfaat luar biasa dari vaksin,” ujarnya.

Baca Juga:   Lebih 500ribu Tenaga Kesehatan telah Menerima Vaksin Covid-19

Ann Taylor percaya bahwa setelah menerima keputusan yang cermat dari para regulator, vaksinasi dapat dilanjutkan kembali di seluruh Eropa.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca telah memperoleh izin pemasaran bersyarat atau penggunaan darurat di lebih dari 70 negara di enam benua. Emergency Use Listing atau Daftar Penggunaan Darurat diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia untuk mempercepat jalur akses vaksin di hingga 142 negara melalui Fasilitas COVAX. (Yat/Red)