ahmad-shabri-lubis
Sumber : Kiblat.net

Elangnews.com, Jakarta – Ahmad Shabri Lubis selaku mantan Ketua Umum , akhirnya ditahan pihak Jaksa Penuntut Umum.

Hal ini dinyatakan oleh Ichwan Tuankotta selaku pengacara FPI saat dikonfirmasi pada hari Senin 8 februari 2021.

Selain , ada juga lima nama lain yang ikut ditahan yaitu Habib Hanif Alatas, Habib Ali Alwi Alatas, Habib Idrus Alhabsy, Maman Suryadi dan Haris Ubaidillah.

Penahanan tersebut terkait kasus kerumunan yang diduga melanggar protokol kesehatan, sedangkan Habib Hanif Alatas juga ditahan terkait kasus RS Ummi Bogor yang diduga mengganggu kerja Satgas Covid-19.

Leonard Eben Ezer Simanjuntak selaku Kapuspen Kejaksaan Agung juga mengiyakan saat dikonfirmasi oleh awak media.

Lebih lanjut lagi Leonard Eben Ezer Simanjuntak menambahkan, saat ini ketujuh orang tersangka sudah diamankan di Rutan Salemba Cabang Bareskrim Mabes Polri terhitung sejak tanggal 8 februari 2021 sampai dengan tanggal 27 februari 2021.

Penahanan tersebut bertujuan untuk mempermudah pemeriksaan juga penyelesaian perkara dengan berasas kepada unsur subyektif dan obyektifnya.

Jumpa Pers Polri Terkait Penahanan Ahmad Shabri Lubis

rusdi-hartono
Sumber: Pikiran-Rakyat.Com

Di saat yang sama Kabiro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengadakan jumpa pers di Mabes Polri terkait hal tersebut.

Rusdi menegaskan bahwa penahanan tersebut terkait 2 kasus kerumunan yaitu kerumunan saat penjemputan Shihab dan saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Dan satu lagi kasus tes Swab . Jumlah total tersangka ada 8 orang pada ketiga kasus tersebut.

Rusdi juga menandaskan bahwa semua barang bukti terkait tiga kasus tersebut sudah diserahkan Breskrim Polri kepada pihak Kejaksaan Agung untuk ditindaklanjuti.

Sidang Kasus Kerumunan Di Petamburan

Sidang kasus kerumunan di Petamburan dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab akan segera digelar setelah ada keterangan pengumpulan berkas perkara sudah dinyatakan lengkap.

Sugito Atmo Prawiro selaku pengacara Habib Rizieq menyatakan siap untuk berdebat pada sidang tersebut dan siap juga dengan strategi khusus dari tim pengacara.

Menurutnya Pasal 160 tentang penghasutan yang dijeratkan pada kliennya merupakan pasal yang salah dan tidak pada tempatnya, jadi hal ini sangat bisa untuk diperdebatkan saat sidang nanti.

Hanya saja kemungkinan pada saat sidang nanti, Habib Rizieq akan hadir secara online sehubungan dengan kondisi saat ini menyangkut pandemi Covid-19.

Jika memiliki fasilitas online yang bisa digunakan untuk sidang nanti, hal ini lebih bagus menurut Sugito karena kliennya tidak perlu hadir ke pengadilan.

Baca:  Bentrok FPI-Polisi, Fadli Zon: Saya lebih percaya FPI dan Munarman