Terusan Suez Tersumbat, Harga Minyak Naik
asal Panama, tersangkit di . (Sumber: Otoritas Terusan Suez)

Elangnews.com, Tokyo mentah naik hari ini, Jumat (26/03) dibandingkan hari sebelumnya. Hal ini terjadi karena ada kekhawatiran, evakuasi kapal kontainer besar yang nyangkut di Terusan Suez akan berlangsung berminggu-minggu.

Akibatnya pasokan minyak mentah terganggu. Ujung-ujungnya, harga naik. Pasalnya, kapal tersebut telah memblokir jalur pengiriman penting di dunia.

Dikutip dari Reuters, harga minyak mentah Brent naik 43 sen atau meningkat 0,7% di angka USD62,38 per barel.

Baca Juga:   Ini Penyebab Kapal Kontainer di Terusan Suez Kehilangan Navigasi

Diketahui, kapal bernama Ever Given asal Panama, nyangkut dan menutup jalur pelayaran Terusan Suez. Hampir 19.000 kapal, atau rata-rata 51,5 kapal per hari melewati terusan Suez. Untuk muatan, tonase bersih yang melewati Terusan Suez mencapai 1,17 miliar ton selama 2020.

Beberapa pelayaran akhirnya berhenti. Dari pantauan data satelit dan maritim, peristiwa itu telah menyebabkan kapal lain di dekatnya mundur. Setidaknya ada 15 kapal lain dalam konvoi menuju Eropa, berada di belakang Ever Given.

Baca Juga:   Enam Drone Pemberontak Serang Kilang Minyak Arab Saudi

Misalnya, kapal tanker yang membawa minyak Saudi, Rusia, Oman dan AS, harus menunggu di kedua ujung Terusan Suez. Mereka akhirnya tertahan sementara hingga kapal tersebut bisa berjalan lagi.
(tup/red)