Tensi Meningkat, Kim Jong Un Tarik Diplomatnya dari Malaysia
Presiden , . (Sumber: USA Today)

Elangnews.com, Kuala Lumpur – Pecundang! Begitulah Presiden Korea Utara, Kim Jong Un melabeling Malaysia. Pasalnya Pemerintah dan pihak kehakiman Malaysia memutuskan mengekstradisi seorang warga Korut ke Amerika Serikat.

Tak terima warganya dikirim ke AS, Kim langsung menarik semua diplomatnya dari Malaysia dalam waktu tak lebih dari 2 hari. Dikutip dari AFP, bendera Korut sudah diturunkan dari gedung kantor kedutaan negara di Kuala Lumpur, Jumat (19/03).

Baca Juga:   Jarang Terlihat, Ini Rupa Istri Kim Jong Un

Sebelumnya dikabarkan, pengadilan di Malaysia memutuskan bahwa Mun Chol Myong diekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan pencucian uang. Mun Chol Myong merupakan warga Korut, diduga telah melakukan perdagangan ekspor terlarang ke Korut.

Karena kasus tersebut, pihak Malaysia mengekstradisi Mun. Kim menuduh Malaysia berpihak ke Amerika Serikat dalam konspirasi melawan Korut.

Baca Juga:   Hubungan Korut dan Cina semakin Mesra, Ancaman Buat AS?

Ekstradisi tersebut bagi Korut adalah tindakan permusuhan besar-besaran antara Malaysia dan negara yang dipimpin Kim itu. Padahal sebelumnya, Malaysia merupakan bagian dari sekutu Korut.

“Malaysia mengikuti kebijakannya AS, yang berupaya merampas kedaulatan negara kami, keberadaan, dan pembangunannya yang damai,” kata seorang diplomat senior Korea Utara kepada awak media.
(tup/red)