Sering Diganggu, Taiwan Siap Perang Lawan Cina
Ilustrasi dan (Sumber: Shutterstock)

Elangnews.com, Taiwan – Berkali-kali pesawat jet tempur milik Cina lalu lalang di langit Taiwan. Angkatan udara Cina berdalih sedang mengadakan latihan di zona pertahanan Taiwan beberapa bulan terakhir.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan ada 15 pesawat China, 12 diantaranya adalah pesawat tempur, memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan. Pesawat anti-kapal selam Cina terbang ke selatan melalui Selat Bashi antara Taiwan dan Filipina.

Merasa kedaulatannya diinjak-injak, Angkatan udara Taiwan mengirim pesawat untuk memperingatkan pihak Cina. Hal ini menyebabkan tensi Taiwan dan Cina semakin meninggi.

Baca Juga:   50 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kereta, Menteri Perhubungan: Saya Siap Mengundurkan Diri

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan bahwa beberapa negara menyampaikan keprihatinannya atas perilaku Cina. Amerika Serikat misalnya, menilai pesawat Cina bisa menjadi ancaman bagi Taiwan.

“Amerika mengamati perkembangan di kawasan ini, mereka jelas melihat bahaya kemungkinan China melancarkan serangan terhadap Taiwan,” katanya kepada awak media, seperti dikutip dari Reuters, (08/04).

Joseph mengatakan bahwa pihaknya siap untuk membela diri dan berperang melawan Cina. “Kami bersedia membela diri tanpa pertanyaan dan kami akan berperang jika kami perlu berperang. Dan jika kita perlu mempertahankan diri kita sendiri sampai hari terakhir kita akan membela diri kita sendiri sampai hari terakhir,” ujarnya.

Baca Juga:   Cina Denda Alibaba Rp40,2 Triliun karena Melanggar Anti Monopoli

Taiwan sendiri sudah mempersiapkan diri berperang dengan Cina, dengan membuat program modernisasi militer. Apalagi, AS menjadi pendukung dan pemasok senjata ke Taiwan.

“Pertahanan Taiwan adalah tanggung jawab kami. Kami akan mencoba segala cara yang kami bisa untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kami,” ujar Joseph.
(tup/red)