Robot NASA Mendarat di Mars, Teliti Jejak Kehidupan
Permukaan planet Mars. (Sumber: Nasa)

Elangnews.com, Washington – Setelah menempuh perjalanan 203 hari dengan jarak 472 juta km, Perseverance, kendaraan robotik yang dikirim NASA, akhirnya mendarat di Mars dengan selamat. Pencapaian ini disampaikan secara resmi oleh NASA’s Jet Propulsion Laboratory di California, (18/02).

Pengiriman Perseverance ke Mars yaitu untuk mengumpulkan sampel di planet merah tersebut, lalu membawanya pulang ke Bumi. Misi jelajah Perseverance dapat memberikan titik terang, kemungkinan Mars bisa dihuni oleh manusia.

“Misi The Mars 2020 Perseverance mewujudkan semangat bangsa kita untuk bertahan bahkan dalam situasi yang paling menantang. Ini cita-cita manusia untuk bertahan menuju masa depan dan akan membantu kita mempersiapkan diri untuk eksplorasi manusia di Planet Merah, ” ujar Juru Bicara NASA Steve Jurczyk, dalam keterangannya.

Berat Perseverance sekitar berat 1.026 kilogram. Dia diberangkatkan menuju Mars pada 30 Juli 2020 dari Cape Canaveral Space Force Station di Florida. Bahan bakarnya menggunakan nuklir.

Perseverance memiliki 19 kamera, ditambah empat kamera untuk memandu saat proses pendaratan. Salah satu kamera menggunakan sistem Mastcam-Z, berfungsi mirip seperti mata manusia.

Ada Danau di Mars
Perseverance akan melakukan pengujian performa beberapa minggu di Mars sebelum nantinya fokus pada penyelidikan sains di Danau Jezero Mars, selama dua tahun. Perseverance akan menyelidiki batuan dan sedimen di dasar danau kuno Jezero dan delta sungai.

Penelitian ini mencoba mengelompokan geologi kawasan dan iklim di Mars pada masa lalu, melalui sampel yang dikumpulkan di Jazero. Misi astro-biologi diharapkan dapat melihat, tanda-tanda kehidupan mikroba kuno.

Danau Jazero memiliki lebar 45 km. Para ilmuwan meyakini bahwa 3,5 miliar tahun yang lalu danau tersebut memiliki delta sungai sendiri dan berisi air. Ini menjadi penting, karena dimana ada air, di situ ada kehidupan. Paling tidak kehidupan para mikroba.
(tup/red)

Berita Internasional : Robot NASA Mendarat di Mars, Teliti Jejak Kehidupan, ElangNews.com.