Pemilik Aplikasi Tinder Akuisisi Perusahaan Korea Selatan
Ilustrasi

Elangnews.com – Pemilik , perusahaan yang bergerak di bidang internet dan teknologi, menyetujui pembelian perusahaan media sosial asal Korea Selatan seharga $1,73 miliar. Dalam menjalankan opersional dan finansial, perusahaan ini mendapat dukungan dari Group.

Pihak Match Group, yang juga pemilik aplikasi Tinder dan Hinge menilai, aplikasi-aplikasi yang diluncurkan Hyperconnect lebih dari sekadar aplikasi “romantis” yang bisa mengkoneksikan dan membantu pengguna berteman di seluruh wilayah geografis.

Penjualan dilakukan secara tunai dan saham yang diumumkan Match Group, kemarin. Hal ini menandai kesepakatan akuisisi terbesar yang telah dilakukan Match Group sejauh ini. Pihak Match meyakini, dapat memberikan pelayanan bagi pengguna, agar tetap terhubung meskipun sedang berada di situasi pandemi COVID-19.

Hyperconnect berbasis di Seoul, meluncurkan dua aplikasi, Azar dan Hakuna Live di 2014. Saat ini, aplikasi Azar telah diunduh 540 juta unduhan. Dengan jumlah tersebut, pengguna memungkinkan untuk terhubung dengan orang lain dari seluruh dunia dan langsung menerjemahkan pesan suara dan teks.

Sementara, Hakuna Live, aplikasi streaming langsung yang memungkinkan sekelompok orang untuk terhubung melalui siaran video dan audio. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 23 juta kali dan populer di Korea Selatan dan Jepang.

“Dengan lebih dari 75% penggunaan dan pendapatan yang berasal dari pasar Asia, rangkaian produk dan jejak regional mereka (Hyperconnect) benar-benar melengkapi milik kami,” kata Chief Executive Officer Match Group Shar Dubey, seperti dikutip dari Reuters, (10/02).

Sebelumnya, Match Group mengatakan Jepang telah menjadi pasar dengan pendapatan kotor tertinggi kedua setelah Amerika Serikat. Sementara, pendapatan Match Group di negara Asia melonjak lebih dari 600% dalam lima tahun terakhir.

Dubey mengatakan, di 2020 pendapatan Hyperconnect melonjak 50% menjadi lebih dari $200 juta. Aplikasi unggulan Match sendiri yaitu Tinder, dengan 66 juta rata-rata pengguna aktif bulanan, mendominasi pasar kencan di seluruh dunia dengan 53,8% pangsa pasar selama kuartal terakhir tahun 2020.

Kesepakatan Match Group dengan Hyperconnect diharapkan selesai pada kuartal kedua 2021. Match Group akan mendanai porsi kas dan menutup utang yang ada.
(tup/red)