Paus Fransiskus Larang Pernikahan Sesama Jenis di Katolik
Pimpinan umat , . (sumber: katolisitas.org)

Elangnews.com, Pimpinan umat Katolik, Paus Fransiskus menolak pernikahan sesama jenis di Katolik. Paus juga meminta para uskup dan pimpinan gereja Katolik tidak melakukan pemberkatan pernikahan sesama jenis.

Keputusan tersebut dikeluarkan oleh kantor doktrinal Vatikan, Senin lalu. Keputusan tersebut dibuat setelah, banyak para uskup mempertanyakan, bisa tidaknya pimpinan gereja memberkati pernikahan sesama jenis.

Polemik ini semakin ramai setelah beberapa uskup mengizinkan pastor memberkati pernikahan sesama jenis. Di Amerika Serikat dan Jerman misalnya, pastor memberikan pemberkatan nikah untuk banyak pengantin pasangan .

Baca Juga:   Paus Bertemu Ulama Terkuat Syiah di Irak, 10 Ribu Personil Keamanan Dikerahkan

Sejak awal Paus Fransiskus menegaskan bahwa LGBT tidak boleh mendapat perlakuan diskriminasi. Tetapi, Paus bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu menolak sesama jenis memiliki hubungan pernikahan.

“Orang gay tidak boleh didiskriminasi dan menjadi gay itu sendiri bukanlah dosa, tetapi menegaskan kembali ajaran Katolik bahwa tindakan sesama jenis adalah dosa,” kata Paus Fransiscus, dikutip dari Reuters, (21/03).

Komunitas LGBT yang beragama ​​Katolik mengkritik keputusan Vatikan yang melarang pemberkatan untuk pernikahan sesama jenis. Menurut mereka, keputusan Vatikan itu akan menjauhkan beberapa orang dari gereja.

Baca Juga:   Paus Bertemu Ulama Terkuat Syiah di Irak, 10 Ribu Personil Keamanan Dikerahkan

“Itu benar-benar memutuskan hubungan gereja dengan banyak orang LGBT. Termasuk juga anggota keluarga dan teman kami yang telah bergumul begitu lama, adanya penolakan gereja terhadap orang yang mereka cintai,” kata Marianne Duddy-Burke, editor eksekutif Dignity USA, sebuah organisasi yang berfokus pada hak-hak LGBTQ dan Gereja Katolik.
(tup/red)