Kapal Kontainer Nyangkut di Terusan Suez, Pelayaran Macet Total
asal Panama, tersangkut di . (Sumber: Otoritas Terusan Suez)

Elangnews.com, Kairo – Bukan di jalan raya saja, lalu lintas di laut juga bisa macet. Kondisi inilah yang terjadi di Terusan Suez, .

Penyebabnya sebuah kapal bernama Ever Given asal Panama, nyangkut dan menutup jalur pelayaran. Sementara Terusan Suez merupakan jalur pelayaran terpadat di dunia.

Hampir 19.000 kapal, atau rata-rata 51,5 kapal per hari melewati terusan Suez. Untuk mutan, tonase bersih yang melewati Terusan Suez mencapai 1,17 miliar ton selama 2020.

Beberapa pelayaran akhirnya berhenti. Dari pantauan data satelit dan maritim, peristiwa itu telah menyebabkan kapal lain di dekatnya mundur. Setidaknya ada 15 kapal lain dalam konvoi menuju Eropa, berada di belakang Ever Given.

Baca Juga:   Enam Drone Pemberontak Serang Kilang Minyak Arab Saudi

Misalnya, kapal tanker yang membawa minyak Saudi, Rusia, Oman dan AS, harus menunggu di kedua ujung Terusan Suez. Mereka akhirnya tertahan sementara hingga kapal tersebut bisa berjalan lagi.

Kapal Kontainer Nyangkut di Terusan Suez, Pelayaran Macet Total
Posisi kapal Ever Given yang tersangkut di Terusan Suez. (Sumber: Otoritas Terusan Suez)

Delapan kapal tunda sudah turun untuk membebaskan kapal tersebut. Dikutip dari CNN (25/03), kapal kontainer itu memiliki rute perdagangan dari Timur ke Barat. Kapal itu berangkat Selasa pagi dan mengalami masalah ketika jaraknya sekitar 6 mil laut dari ujung selatan muara.

Baca Juga:   Terusan Suez Tersumbat, Harga Minyak Naik

Ukuran kapal Ever Given yaitu 59 meter (193,5 kaki). Bobotnya 224.000 ton, yang berlayar di bawah bendera Panama. Sementara tinggi kapal 400. Tujuannya, yaitu pelabuhan Rotterdam di .

Seorang sumber CNN menjelaskan bahwa, untuk mengevakuasi kapal Ever Given akan membutuhkan waktu berhari-hari. “Itu sangat rumit dan butuh berhari-hari. Dan tergantung peralatan tersedia dan bagaimana penggunaannya,” ujar sumber CNN itu.
(tup/red)