Ilmuan Jerman Sukses Melatih Anjing Pendeteksi Covid-19
Seekor anjing tengah menjalani latihan mengendus virus

ELANGNEWS.COM – Sebuah klinik hewan di Jerman telah sukses melatih beberapa anjing pelacak untuk mendeteksi virus (Covid-19) melalui sampel air liur manusia dengan akurasi hingga 94%.

Anjing-anjing itu dikondisikan untuk mampu mengendus “bau korona” yang berasal dari sel orang yang telah terinfeksi, kata Esther Schalke, seorang dokter hewan di sekolah angkatan bersenjata Jerman untuk pelatihan anjing.

Filou, seekor anjing Belgia berusia tiga tahun, dan Joe Cocker, seekor Cocker Spaniel berusia satu tahun, adalah dua anjing yang sedang dilatih di Universitas Kedokteran Hewan Hanover.

Baca:  Bersyukur, Uya Kuya dan Istri Sudah Negatif Covid 19

Kami melakukan penelitian di mana kami memiliki sebuah sampel yang mampu diendus anjing dari tubuh pasien positif COVID dan kami dapat mengatakan bahwa mereka memiliki probabilitas akurasi hingga 94% dalam hasil penelitian kami,” kata Holger Volk, kepala klinik hewan. .

“Jadi anjing benar-benar bisa mengendus orang yang terinfeksi dan tanpa infeksi, serta pasien COVID yang asimtomatik dan bergejala,” tambahnya.

Stephan Weil, perdana menteri Lower Saxony, negara bagian dengan Hanover sebagai ibukotanya, mengatakan bahwa dirinya sangat terkesan dengan hasil penelitian tersebut dan menyarankan agar tetap dilakukan uji kelayakan sebelum anjing pelacak pengendus Covid19 ini cukup layak untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada orang-orang yang menghadiri konser.

Baca:  Rencana Pernikahan Aurel Hermansyah Terancam Batal Karena Positif Covid 19 ?

Kami sekarang membutuhkan tes di acara-acara tertentu,” kata Weil.

Di Finlandia, anjing yang dilatih untuk mendeteksi virus Covid-19 baru mulai mengendus sampel penumpang di bandara Helsinki-Vantaa Finlandia September lalu, dalam sebuah proyek percontohan bersamaan dengan pengujian di bandara.

Menurut informasi yang beredar, Bandara internasional Santiago Chili juga menggunakan detektor Covid-19 berupa seekor anjing. (AR/RED)