Hubungan Korut dan Cina semakin Mesra, Ancaman Buat AS?
Senjata nuklir . (Sumber: Korean Central News Agency/ KCNA)

Elangnews.com, Beijing – Pemerintah Korea Utara dan Cina semakin erat. Keduanya memiliki kesamaan: sulit bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat. Baru-baru ini, Presiden Cina menyampaikan pesan ke pemimpin Korea Utara , bahwa Beijing akan bekerja untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

Sementara Kim dalam jawabannya ke Xi, mengatakan bahwa Korea Utara akan terus memperkuat hubungan dengan Cina. “Hubungan persahabatan mereka akan dikembangkan sesuai dengan kepentingan kedua negara,” dikutip dari Kantor Berita Xinhua, (23/03).

Baca Juga:   Tensi Meningkat, Kim Jong Un Tarik Diplomatnya dari Malaysia

Kedua pimpinan negara tersebut bertemu Senin lalu di Beijing. Pertemuan itu diadakan setelah kepala luar negeri dan pertahanan AS pekan lalu, berkomunikasi dengan Jepang dan Korea Selatan.

Ketiga negara tersebut sepakat untuk berjaga-jaga terhadap kebangkitan Cina di kawasan itu dan mengatasi ancaman nuklir Korea Utara. Sementara, hubungan AS dengan Cina dan Korut hanya menunjukkan sedikit tanda perbaikan sejak Joe Biden menjabat menjadi Presiden AS Januari lalu.

Baca Juga:   Jarang Terlihat, Ini Rupa Istri Kim Jong Un

Negosiasi AS-Korea Utara tentang denuklirisasi mentok. Korea Utara dan Amerika Serikat tidak memiliki hubungan diplomatik.

Sementara Cina dan AS terus berselisih mengenai perdagangan, teknologi canggih dan dugaan pelanggaran hak asasi manusia. Kerja sama Cina dan Korea Utara menurut banyak pihak, akan melawan tekanan politik dari pemerintahan baru AS.
(syah/red)