Gunung Berapi Islandia, Tidur 6.000 Tahun Tiba-Tiba Meletus
di yang tak jauh dari deretan Gunung , meletus. (Foto: Instagram)

Elangnews.com, Jakarta – Gunung berapi di Islandia yang tak jauh dari deretan Gunung Fagradalsfjall dan tercatat sudah 6.000 tahun tidak aktif, tiba-tiba meletus dan mengeluarkan lava pijar yang sangat menakjubkan, Jumat (19/3/2021).

Gunung di barat daya Islandia itu meletus setelah berbulan-bulan gempa bumi di wilayah tersebut. Letusan di Lembah Geldinga, seperti dilaporkan Vox.com, cukup jauh sehingga evakuasi tidak diperlukan,dan tidak ada bangunan yang terancam rusak.

Gunung Berapi Islandia, Tidur 6.000 Tahun Tiba-Tiba Meletus

Islandia tidak asing dengan aktivitas vulkanik karena termasuk dalam jaringan atau ratia gunung berapi. Terletak di sepanjang rangkaian lempeng tektonik, pulau ini sangat rentan terhadap aktivitas seismik dan biasanya akan mengalami letusan setiap empat hingga lima tahun.

Masih teringat,letusan Gunung pada 2010, karena abu dari peristiwa tersebut menyebar ke seluruh Eropa utara dan Inggris Raya. Letusan menyebabkan lebih dari 100.000 jadwal penerbangan maskapai dibatalkan selama berminggu-minggu sesudahnya.

Gunung Berapi Islandia, Tidur 6.000 Tahun Tiba-Tiba Meletus

Gempa bumi di Islandia juga sudah biasa terjadi sejak 2014. Negara ini mencatat antara 1.000 dan 3.000 gempa bumi terjadi per tahun. Namun sejak Desember 2019, angka tersebut meningkat drastis.

Dalam seminggu terakhir saja, Islandia mengalami lebih dari 18.000 gempa bumi, dengan lebih dari 3.000 pada hari Minggu. Ini sebuah fenomena yang terus dipelajari para ilmuwan dengan cermat. (Yat/red)