Gempa Hebat Fukushima, Bagaimana Nasib Olimpiade 2021 di Jepang?
Gempa hebat di Jepang (13 Februari 2021). (Sumber: Jun Hirata/Kyodo News via AP)

Elangnews.com, Tokyo – Jepang kembali mengalami gempa bumi hebat dengan kekuatan 7,3 magnitudo. Pusat gempa berada di daerah lepas pantai Fukushima dengan kedalaman 55 kilometer. Diperkirakan gempa terjadi pukul 23.08 waktu setempat.

Dikutip dari New York Times (14/02), gempa tidak memicu tsunami. Meski demikian, getaran gempa terasa hingga Tokyo, yang terletak ratusan kilometer dari pusat gempa. Pihak otoritas setempat juga menyebutkan potensi terjadinya gempa susulan.

Akibat gempa ini, ratusan ribu rumah untuk sementara mengalami pemadaman listrik. Banyak rumah masyarakat juga porak poranda. Hingga berita ini diturunkan, puluhan orang mengalami luka-luka. Beberapa kereta api berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

Baca:  Ridwan Kamil Tandatangani Kerjasama Sister Province Dengan Jepang dan Korsel

Bagaimana nasib olimpiade 2021 Jepang? Apakah akan kembali ditunda?
Sebelum ada pandemi Covid-19, Olimpiade seyogianya akan berlangsung di Jepang pada 2020. Tetapi karena kondisi pandemi semakin memburuk, penyelenggara olimpiade dan pemerintah Jepang sepakat menunda jadwa Olimpiade dan Paralimpik.

Karena penundaan ini, pemerintah Jepang mengalami kerugian berkisar 200 miliar yen atau lebih dari Rp25 triliun.

Baca:  Ridwan Kamil Tandatangani Kerjasama Sister Province Dengan Jepang dan Korsel

Olimpiade Tokyo akan diundur ke 23 Juli 2021 sampai 8 Agustus  2021. Sementara Paralimpik Tokyo akan dilaksanakan pada 24 Agustus 2021 hingga 5 September 2021.

Kendati sudah diundur karena Covid, beberapa masyarakat masih menentang penyelenggaraan Olimpiade berlangsung tahun ini. Pasalnya, pandemi Covid-19 diprediksi masih belum selesai.

Olimpiade 2021 kembali terancam akibat gempa. Pasalnya Jepang membutuhkan waktu untuk melakukan pemulihan pasca gempa. Apakah Olimpiade Jepang kembali tertunda karena gempa bumi?
(tup/red)

Berita Internasional : Gempa Hebat Fukushima, Bagaimana Nasib Olimpiade 2021 di Jepang?, ElangNews.com.