Boeing Tetapkan Israel, India Calon Pembeli Potensial F-15EX Advanced Eagle 2

ELANGNEWS.COM – ALUTSISTA INDONESIA, Berita tentang penawaran F-15EX dari AS untuk Indonesia mencuat setelah menteri pertahanan AS datang ke Indonesia untuk bertemu dengan menteri pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto. Dalam pertemuan ini, dikabarkan bahwa AS menawarkan pesawat F-15EX dan F-18E/F Block 3 Advanced Super Hornet.

Penawaran F-15EX oleh AS tidak hanya ke Indonesia, tapi juga Israel dan India. Setelah Boeing mendapatkan kontrak seharga 1,2 miliar USD untuk 8 dari gelombang pertama 144 pesawat F-15EX untuk AU AS, Boeing juga sedang berusaha menawarkan F-15EX kepada Israel dan India.

Seperti yang diketahui, Israel telah memesan 50 pesawat F-35I ‘Adir’. 16 pesawat di antaranya telah beroperasi. Bahkan Israel telah menggunakan beberapa avionik buatannya ke F-35nya. Karena itulah versinya F-35I ‘Adir’. Meskipun begitu, AU Israel telah mempertimbangkannya sejak akhir tahun 2019.

Meskipun AU Israel memiliki F-35, AU Israel menyebut masih memerlukan pesawat generasi 4,5 yang dapat membawa lebih banyak senjata untuk menghancurkan target yang telah tersisa setelah pesawat siluman menyusup dan menghancurkan titik pertahanan udara lawan. Israel hingga sekarang masih memikirkan opsi untuk membeli pesawat baru F-15EX dan mengupgrade 25 pesawat F-15I ‘Ra’am’ yang dimilikinya.

Bila pembelian ini terjadi, AU Israel akan memiliki 50 pesawat F-15IA, versi Israel yang dipasang avionik lokal pada F-15EX. Untuk AU Israel, kita tunggu berita berikutnya.

Di sisi lain, Boeing juga ingin menawarkan pesawat F-15EX kepada India. Bagi Boeing, India merupakan salah satu calon pembeli pontensial dari F-15EX. India, meskipun sudah membeli 36 pesawat Rafale, masih mencari pesawat tempur lainnya untuk menggantikan pesawat tempur AU India yang sudah menua, seperti MIG-21, SEPECAR Jaguar, MIG-27, dan sebagainya.

Oleh karena itu,Boeing berniat untuk menawarkan pesawat F-15EX kepada India. Namun, Boeing belum melakukan pembicaraan lebih lanjut, karena pembicaraan penawarab memerlukan izin kepada pemerintah AS. Sejauh ini untuk India, Boeing baru mendapatkan lampu hijau untuk menawarkan F-18E/F Block 3 Advanced Super Hornet kepada AL India yang juga ingin mengganti pesawat MIG-29K Fulcrumnya.

Terakhir kali, Boeing telah sukses menguji F-18E yang lepas landas menggunakan ski-jump untuk menjamin bahwa F-18E/F dapat lepas landas dari kapal induk India yang menggunakan landasan ski-jump. Jadi, kesimpulannya untuk F-15EX India , Boeing masih harus menempuh jalan yang panjang, yakni memperoleh izin dari pemerintah AS untuk menjual F-15EX kepada India.

Bagaimana kelanjutannya ? Kita tunggu berita berikutnya.

Boeing Tetapkan Israel, India Calon Pembeli Potensial F-15EX Advanced Eagle

Komentar netizen:

Bimo Suryo Sasongko
Nah bener itu. Kalo nawarin ke sultan. Jangan ke negara BPJS (Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita)

Wijayantoro Ilham
agak gak yakin india mau beli f-15 ? mereka udah punya tejas loh

Yosia Christmas Sulistian
Wah, akhirnya malah India beli F-15EX. Padahal tarik ulurnya kemaren F-16 block 70 (F-21).

Komentar lainnya.