Kacang Coklat Manis, Camilan Lezat Saat BerbukaElangNews.com tahun 1441 Hijriah atau yang bertepatan dengan tanggal 24/04/2020 Masehi menjadi yang bisa dibilang berbeda dari -Ramadhan sebelumnya, bagaimana tidak, tahun ini umat mernyemarakan bulan nan suci ini ditengah ketegangan melawan pandemi Covid-19 yang mengancam jiwa seluruh warga dunia, yang hingga kini belum diketahui kapan akan berakhir.

Kendati demikian sebagian besar umat Islam tetap menjalankan ibadah . Ada hal yang umum dilakukan saat umat Islam berbuka dan itu adalah berbuka dengan yang manis-manis. Entah sejak kapan hal ini menjadi kebiasaan, padahal tidak satu-pun ditemukan anjuran di dalam agama Islam atas hal itu.

Ada berbagai macam camilan lezat nan bergizi yang bisa disajikan sebagai peneman atau menu penutup santap buka puasa, dan salah satunya adalah kacang coklat manis. Bisa dibilang konsep kacang ini sama seperti kacang telur. Butiran kacang yang sudah disangrai lalu dibalut lapisan tepung dan telur. Berikut cara membuat kacang coklat manis untuk, 100 gr. kacang.

  Doa Niat Berpuasa dan Kewajiban Melafalkannya

Bahan :

1. Kacang tanah 100 gr.
2. Air +/- 200 cc.
3. Coklat batangan (bisa rasa apa saja) 30-50 gr. (sesuai selera)
4. Gula pasir 4 sendok

Cara membuat :

Sangrai kacang tanah dengan api sedang selama 15 s/d 20 menit. Jangan berhenti mengaduk kacang dan jika kulit tangan terasa begitu panas saat mengaduk kacang, maka angkatlah wajan beserta kacangnya dari kompor, letakkan ditempat yang tidak panas dan tetap lanjutkan mengaduk. Sekitar 30 detik sampai 1 menit beristirahat dari panas, kembalikanlah wajan beserta kacangnya di atas kompor. Cara ini berguna untuk mencegah kacang menjadi hangus.

  Ini Tanda Puasa Anda Diterima Allah

Jika kacang sudah dirasa matang (sekitar 15 s/d 20 menit) maka angkat kacang dan jangan mengupas kulit ari pada kacang, karena jika kulit ari dikupas akan menyebabkan coklat tidak bisa menempel dengan baik. Setelah itu bersiap untuk membuat adonan pelapis.

Tuangkan air yang sudah disiapkan ke wajan, gunakan api kecil. Kemudian tambahkan gula, dan aduk hingga gula mencair. Jika gula sudah mencair, tambahkan coklat batangan, aduk hingga coklat meleleh.

Setelah coklat meleleh, masukkan kacang yang sudah di sangrai sebelumnya, lalu aduk hingga merata. Proses ini membutuhkan waktu 10 s/d 20 menit, hingga coklat tampak mengering dan merekat pada kacang. Pastikan sudah tidak ada air yang tersisa. Jika sudah, maka kacang coklat manis siap untuk disajikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here