Rekor Penonton Live dan Hadiah Catur Terbanyak, GothamChess Sindir Dewa Kipas
Illustrasi melihat pertandingan WGM dengan Subur

ELANGNEWS., Jakarta – Pertandingan persahabatan yang diadakan pada hari Senin dalam Podcast Dedy Corbuzier, yang disiarkan di YouTube, memecahkan rekor dengan pertandingan live catur dengan penonton terbanyak. Pertandingan dimainkan antara WIM Irene Sukandar dan Subur, pecatur online yang dituduh melakukan kecurangan pada awal Maret lalu saat bertanding dengan IM Rozman.

Pertandingan yang diadakan secara live antara Sukandar dan Subur memuncak pada 1,25 juta penonton di YouTube, sekitar 10 kali lipat dari acara catur yang paling banyak ditonton dalam sejarah seperti kejuaraan dunia klasik.

Tayangan yang dikomentari oleh GM Susanto Megaranto dan WIM Chelsie Monica itu berdurasi satu jam 21 menit dan telah mengumpulkan 8,9 juta penayangan sejauh ini.

Pertandingan Senin antara Irene dan Dadang melibatkan hadiah dengan total 300 juta rupiah. Awalnya dalam pertandingan tersebut, hadiah yang diberikan senilai 150 juta yang kemudian ditambahkan kembali 150 juta oleh Indra Kesuma seorang pengusaha sekaligus youtuber.

Baca Juga:   [OPINI] Magnus, Pecatur Termuda di Dunia dari Skandinavia

Dalam pertandingan 10 menit yang diberikan untuk setiap pemain ternyata, Subur tidak bisa mengulang permainan level tinggi seperti yang dia tunjukkan secara online. Dia kalah 3-0 dari Sukandar dan banyak membuat kesalahan yang cukup mendasar.

Pertandingan tersebut tak hanya disodorkan untuk banyak warganet, tapi juga Federasi Catur Indonesia dan Sekjen Kementerian Pemuda dan Olahraga. Fans berharap pertandingan akan menentukan sekali dan untuk selamanya apakah Subur adalah pemain yang cukup kuat untuk mengalahkan master internasional.

Pada akun twitternya @GothamChess menilai mengenai hasil pertandingan bahwa Iren Sukandar telah mengalahkan Dewa_Kipas 3-0, akurasi yang dimilikinya kurang dari 40 persen dalam pertandingan. Lebih dari 1 juta penonton melihat pertandingan tersebut.

Baca Juga:   Siti Fadilah dan Konspirasi Corona

Dalam twittnya, Levy menjelaskan baik dan buruknya pertandingan tersebut. Baiknya, permainan catur menjadi popular dan permain yang bermain curang akan tertangkap sedangkan buruknya, dia memenangkan 100 juta disebut berani dan tidak mau mengungkapkan kekalahan. (RAR)