Biografi Ng Man Tat, Paman Tat Kocak, Jenaka, Menghibur Hingga Tutup Usia
Biografi Paman Tat. Foto: ilustrasi Elangnews

Elangnews.com, Hiburan – Anak muda generasi tahun 1990-an hingga awal 2000-an pasti tak asing dengan aktor Ng Man Tat atau dikenal Paman Tat. Aksinya diberbagai judul film bergenre silat komedi itu membuat penonton kagum dan tertawa ketika beradu akting bersama Boboho dan Stephen Chow.

Meski bukan menjadi pemeran utama, Paman Tat selalu menarik perhatian para penonton. Aktingnya mendapat penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik di Hongkong Film Awards ke 10 untuk perannya dalam A Moment of Romance.

Aksi Paman Tat tinggal kenangan, aktor 70 tahun itu pada Jumat (27/2/2021) setelah berjuang melawan sakit kanker hati. Ia sakit sejak tahun 2013 karena gagal jantung akibat infeksi virus. Dari situlah, kesehatan mulai berangsur memburuk.

Lantas, bagaimana perjalanan karir Paman Tat. Pria jenaka yang menghibur penggemarnya lewat aktingya. Redaksi mencoba mengulas dari beberapa sumber biografi .

Biografi Ng Man Tat, Paman Tat Kocak, Jenaka, Menghibur Hingga Tutup Usia
Paman Tat dan Stephen Chow. Foto: ist

Perjalanan Karir

Ng Man-tat adalah aktor yang lahir di Xiamen, Fujian, Tiongkok, 2 Januari 1951 silam. Ia mengawali karir pada tahun 1973. Di usia mudanya itu, ia pernah mendaftarkan di kelas pelatihan khusus artis TVB.

Setelah itu, ia berkesempatan bermain televisi berjudul God of River (1975) dan film Hong kong Emmanuelle (1977) dari situlah ia mendapat puluhan judul film.

Baca Juga:   Rekam Jejak Artis Multitalenta Rina Gunawan di Jagad Hiburan Tanah Air

Paman Tat terus mengasah kemampuan dalam berakting, ia mendalami berbagai karakter demi eksistensinya di jagad perfilaman Hongkong.

Dengan totalitasnya, Paman Tat mendapat gelar pemain pendukung terbaik di penghargaan pendukung terbaik di Hongkong Film Awards.

Biografi Ng Man Tat, Paman Tat Kocak, Jenaka, Menghibur Hingga Tutup Usia
Paman Tat adalah aktor kawakan yang meraih banyak penghargaan. Foto: ist

Puncak kesuksesan

Setelah mendapat puluhan peran diberbagai judul, Paman Tat mulai dikenal masyarakat dunia termaksud Indonesia. Namanya dikenal lewat film Shaolin Soccer yang tayang di bioskop pada tahun 2001 silam.

Film tersebut mendapat boxoffice dengan meraih keuntungan sekitar 42 juta dollar America Serikat dari penonton di seluruh dunia.

Biografi Ng Man Tat, Paman Tat Kocak, Jenaka, Menghibur Hingga Tutup Usia
Akis kocak, jenaka Paman Tat bersama Bohoho. Foto; ist

Aksi Kocak, Jenaka dan Menghibur

Paman Tat juga dikenal sebagai aktor yang menghibur karena aksi kocak dan jenakanya saat beradu akting dengan aktor cilik .

Di era tahun 90-an itu, Paman Tat sangat menghibur anak muda dengan aktingnya lewat film antara lain Shaolin Popey II: Messy Temple, Super Mischieves, China Gragon, dan Trouble Maker.

Penghargaan

Sebagai aktor kawakan, Paman Tat juga meraih banyak penghargaan. Bahkan, ia sangat dihomarti oleh industri film Dad Brother.

Ia juga mendapat mendali emas sebagai aktor pendukung karena aktingnya sangat totalitas menghibur penonton.

Penghargaan yang diraihnya antara lain Film Hong Kong dan Penghargaan Kuda Emas Film Taiwan untuk Nominasi Pria Terbaik untuk peran pendukung dan memenangkan Penghargaan Film Hong Kong ke-10 untuk Aktor Pendukung Terbaik.

Baca Juga:   Curhat Sang Istri, Atas Kepergiaan Suami Tercinta, Marthin Saba

Tak hanya itu, Paman Tat, juga dinominasikan untuk Aktor Pendukung Terbaik di Golden Bell Awards ke-42 pada 2007.

Akhir Kehidupannya

Dilansir dari beberapa sumber dan wikipedia, Paman Tat mengalami kesehatan memburuk sejak tahun 2013 karena gagal jantung akibat infeksi virus. Sejak itu, kesehatannya buruk.

Pada Februari 2021, Paman Tat memastikan bahwa dia menderita kanker hati dam akan menjalani kemoterapi serta masa istirahat dan penyembuhan.

Akan tetapi, kondisinya berubah kritis. Sel kanker menyebar ke beberapa organ gagal dan Ng pun meninggal di Rumah Sakit Tai Wai Union pada usia 70 tahun.

Paman Tat meninggal dunia dalam tidur pada pukul 17.16 waktu setempat tanggal 27 Februari 2021 ditemani istri dan anak-anaknya

Kabar duka ini meninggalkan kenangan bersejarah di industri film dan masyarakat Hongkong, Taiwan, dan China. Paman Tat telah menghiasi layar kaca hingga layar lebar sejak awal tahun 1970an hingga tahun 2010an.

Selamat jalan Paman Tat, akting dan aksi-mu selalu dikenang oleh sineas serta penggemar-mu. (Ade/Red)