Tokopedia dan Gojek Gabung, Dompet Digitalnya Pakai OVO atau GoPay?
Logo Gojek dan Tokopedia.

Elangnews.com, Jakarta – Siapa yang tidak kenal Tokopedia, platform belanja online terbesar di Indonesia. Untuk melakukan transaksi di aplikasi ini, biasanya para pengguna memakai dompet digital .

Baru-baru ini, Tokopedia dan GoJek dikabarkan akan melakukan merger atau penggabungan. Tentu jika Tokopedia resmi bergabung dengan Gojek, akan mengancam keberadaan OVO di Tokopedia.

Karena GoJek memiliki aplikasi pembayaran . Dompet digital yang sahamnya dikuasai 72,2% oleh Gojek ini digunakan untuk pembayaran di fitur-fitur Gojek lainnya, seperti GoFood, GoBox hingga GoMart.

OVO sendiri dikuasai oleh Tokopedia dan afiliasinya sebesar 41,1% kepemilikan saham. OVO juga dipakai sebagai aplikasi pembayaran di Grab, kompetitor GoJek.

Mengacu riset CLSA, jika GoJek gabung dengan Tokopedia, maka kemungkinannya OVO dan GoPay akan beroperasi terpisah. “Tapi dana akan disimpan di Bank Jago,” kata analis CLSA Merlissa Trisno dan Jonathan Mardjuki dalam riset berjudul CLSA Indonesia Tech Sector Outlook.

Itu artinya, Tokopedia dan afiliasinya harus memiliki sebagian kepemilikan saham di Bank Jago. Atau opsi lain, Ovo  dan Gopay menjadi dua pilihan aplikasi pembayaran yang bisa digunakan di Tokopedia.

Sebelumnya, dalam laporan Bloomberg juga disebutkan penggabungan Gojek dan Tokopedia akan menciptakan perusahaan raksasa internet Indonesia dengan valuasi US$35 miliar hingga US$40 miliar. Pada perusahaan baru itu Gojek disebut akan menguasai 60% saham dan investor Tokopedia 40%.
(syah/red)