Tok! Jokowi Batalkan Impor Beras hingga Juni 2021
Tangkapan layar tanggapan atas . (Sumber: Sekretariat Presiden)

Elangnews.com, Jakarta – Seperti anak kecil berebut permen, kebijakan impor beras gaduh dan menuai penolakan. Mendapat laporan dari sana sini tentang persoalan impor beras, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar menghentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras.

“Oleh sebab itu kami meminta segera hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok,” ujar Jokowi seperti disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, (26/03).

Jokowi juga memastikan pemerintah tidak akan memberikan izin impor beras hingga Juni 2021. “Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke Indonesia. Kita tahu sudah hampir tiga tahun ini kita tidak mengimpor beras,” katanya.

Baca Juga:   Ngotot Impor Beras, GAMKI Sebut Menteri Coreng Wajah Jokowi

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan bahwa beras-beras petani akan diserap oleh Bulog. Kalaupun anggaran Bulog seret, Jokowi akan minta Menteri Keuangan mengeluarkan anggaran tambahan untuk Bulog.

“Saya tegaskan lagi berasnya (impor) belum masuk. Saya pastikan beras petani akan diserap oleh Bulog dan saya akan segera memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani agar membantu terkait anggarannya,” katanya.

Baca Juga:   Jokowi Bentuk Satgas BLBI, Apa Itu?

Jokowi menyadari, selama ini harga gabah petani masih rendah. Akibatnya, petani nasional sulit mendapat untung. Sebagian malah ada petani yang rugi karena harga yang terlalu murah. “Saya tahu kita memasuki masa panen dan harga beras di tingkat petani belum sesuai dengan yang diharapkan,” kata Jokowi.

Sebelumnya ramai diberitakan, tentang penolakan impor beras yang akan dilakukan pemerintah. Tadinya pemerintah akan mengimpor beras 1 juta ton.
(syah/red)