Susi Pudjiastuti Minta Jokowi Dukung Buwas Stop Impor Beras
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, (Sumber: inisiatifnews.com)

Elangnews.com, Jakarta – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, angkat suara mengenai polemik . Hal ini disampaikan Susi melalui akun twitternya.

Susi meminta Presiden Joko Widodo agar menghentikan impor beras. Karena panen di masyarakat masih melimpah.

Jika impor dilakukan, maka harga di bisa anjlok. Di samping itu, impor dapat menyebabkan defisit perdagangan bisa semakin tinggi. “Pak Presiden yth. Mohon stop impor beras, masyarakat masih ada yg panen, panen juga berlimpah,” kicaunya di twitter, (16/03).

Baca Juga:   Presiden Jokowi Sebut Tiga Tahun Tak Impor Beras, Netizen Ramai-Ramai Buka Statistik

Susi juga meminta agar pemerintah mendukung Direktur Utama Perum Budi Waseso (Buwas), untuk tidak melakukan impor. “Mohon berikan dukungan kpd Pak Kabulog untk tidak melakukan impor. Juga melarang yg lain,” tulis Susi.

Sebelumnya, Buwas mengatakan tahun ini Indonesia tak akan lagi mengimpor beras. Itu artinya, rencana impor 1 juta ton beras tahun ini bisa batal.

Menurut Buwas, saat ini masih banyak beras impor yang belum terpakai. Agar mutunya tidak turun, beras tersebut harus dikonsumsi.

Baca Juga:   Faisal Basri Usulkan Presiden Jokowi Pecat Menteri yang Doyan Impor

Dari pengadaan 2018, Bulog masih memiliki stok beras impor. Dari total pengadaan sebanyak 1.785.450 ton beras, masih tersisa 275.811 ton beras yang belum tersalurkan.

Sekitar 106.642 ton beras mengalami turun mutu. “Kami sudah lapor ke presiden saat itu, beras impor kami saat Maret tahun lalu (stoknya) 900 ribu ton sisa dari 1,7 juta ton, sekian juta ton beras impor, jadi sudah menahun kondisinya,” kata Buwas, kemarin.
(syah/red)