Ramai-ramai Klub Sepak Bola Indonesia Berencana Masuk Bursa Saham
Ilustrasi (Sumber: Rendy MR/TopBusiness)

Elangnews.com, Jakarta – Dua klub sepak Indonesia, Arema FC dan berencana melakukan penawaran perdana (initial public offering/IPO). Jika terealisasi, rencana kedua klub sepak bola tersebut akan mengikuti Bali United, yang sebelumnya sudah melantai di bursa sejak 2019 lalu.

Arema FC merupakan klub sepak bola asal Malang, Jawa Timur di bawah naungan PT. Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (AABBI). Klub berjuluk Singo Edan tersebut saat ini berada di kasta Liga I Indonesia.

Sementara Persis Solo, adalah klub yang berada di bawah naungan PT Persis Solo Saestu. Baru-baru ini anak bungsu Presiden Joko Widodo, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membeli saham klub berjuluk Laskar Samber Nyawa.

Baca Juga:   Pisah dengan Pepsi, Indofood Ambil Alih IFL

Saat ini Kaesang mengempit 40% saham Persis Solo sedangkan Erick Thohir sebesar 20%. Meski baru diakuisisi orang-orang besar, Persis Solo masih berada di kasta .

Baik Arema maupun Persis Solo sudah mewacanakan akan melantai di bursa dalam waktu dekat. Bahkan, keduanya sudah menjajaki rencana tersebut dengan berkomunikasi dengan pihak Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca Juga:   Jokowi akan Resmikan Merger Bank Syariah, Saham BRIS malah ARB

Saat ini baru Bali United, klub sepak bola Indonesia yang mencatatkan diri di papan . Sebelumnya, Persib Bandung dan Madura United pernah hampir melantai di bursa. Belakangan rencana tersebut gagal.

Bisakah Arema dan Persis Solo mengikuti jejak Bali United, melantai di Bursa? Atau rencana IPO kedua klub itu kandas di tengah jalan seperti Persib dan Madura United? Semua keputusan akan ditentukan BEI.
(syah/red)