Prabowo Resmikan Kapal Selam Alugoro, Berapa Harga jualnya?
Kapal selam . (Sumber: Sindonews.net)

Elangnews.com, Jakarta – Menteri Pertahanan menerima kapal selam terbaru karya Indonesia (Persero), bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), pabrikan asal Korea Selatan, Rabu (17/03). Nama kapalnya, Alugoro-405.

Alugoro merupakan produk kapal selam pertama yang dibuat PT PAL. Kapal itu dibuat di galangan PT PAL, Surabaya.

Untuk membuatnya, PT PAL memerlukan modal Rp1,5 triliun. Harga jualnya diperkirakan mencapai ratusan juta dolar AS.

Baca Juga:   Survei ini Sebut Prabowo Paling Layak Ganti Jokowi

Jenis mesinnya sendiri yaitu Diesel Electric U209/1400 Chang Bogo Class. Kapal selama yang memiliki panjang 61,3 meter ini, bisa menampung 40 orang kru serta tim khusus TNI AL.

Kecepatan Alugoro maksimal sekitar 21 knot pada kondisi menyelam dan 12 knot saat di permukaan. Daya jelajah Alugoro mencapai 50 hari. Tingkat keawetannya, bisa bertahan hingga 30 tahun. Nantinya Alugoro akan digunakan Komando Armada II (Koarmada II).

Baca Juga:   Peluang Prabowo di Pilpres 2024, SMRC: Tak Lebih Baik Dibanding 2019

Di acara serah terima, Prabowo menyebutkan bahwa Alugoro adalah simbol dan tonggak historis pertahanan negara. Karena PT PAL berhasil memproduksi kapal selam untuk pertama kalinya.

“Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita. Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapa pun, ” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu.
(syah/red)