Pisah dengan Pepsi, Indofood Ambil Alih IFL
Ilustrasi produk PT Indofood Fritolay Makmur

Elangnews.com, Jakarta – Setelah Pepsi menghentikan aktivitas produksi per 10 Oktober 2019 di Indonesia, perusahaan afiliasinya, Fritolay Netherlands Holding B.V. (Fritolay), juga melepas seluruh sahamnya di PT Indofood Fritolay Makmur ( IFL) senilai Rp 494 miliar. Fritolay menjualnya ke PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ( ICBP).

IFL merupakan perusahaan patunngan antara Indofood dan PepsiCo, yang sudah bekerjasama selama 30 tahun. IFL memproduksi makanan dan minuman ringan. Seperti, Lays, Doritos, dan Cheetos. Pepsi sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi minuman berkarbonasi.

Baca:  Meski Melemah, IHSG Menjadi Yang Terbaik di Bursa Asia

Sekretaris Perusahaan ICBP, Gideon A. Putro menjelaskan, pihaknya membeli 49 persen saham Fritolay pada 17 Februari kemarin. “Nilai transaksi sekitar Rp 494 miliar yang akan didanai dari kas internal perseroan,” ungkapnya seperti dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, (18/02).

Dengan aksi korporasi ini, ICBP mengempit 99,99 persen di IFL. Saat ini, Fritolay sedang menyelesaikan masa transisi untuk hengkang dari IFL selama 6 bulan ke depan. Itu artinya, Fritolay akan melepas semua merek yang berkaitan dengan IFL. PepsiCo sendiri sebenarnya beranggapan bahwa Indonesia memiliki prospek industri makanan ringan.

Baca:  Bursa Asia Merah: IHSG Ikut Merosot Rabu, 24 Februari 2021

“Fritolay, PepsiCo, dan/atau pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan, atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama tiga tahun sejak berakhirnya masa transisi,” tulis Gideon.

Sebelumnya, anak usaha ICBP PT Anugerah Indofood Barokah Makmur ( AIBM) sudah mengakhiri kerjasama dengan PepsiCo di 10 Oktober 2019. Artinya, AIBM tidak lagi memproduksi maupun mendistribusikan produk minuman bermerek Pepsi.
(tup/red)

Berita Ekonomi & Bisnis : Pisah dengan Pepsi, Indofood Ambil Alih IFL, ElangNews.com.