Pemerintah Bangun Infrastruktur Lumbung Ikan di Maluku
Menko Marves dalam rakor membahas di . (Foto: Marves)

Elangnews.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Luhut Binsar Panjaitan tengah membangun pelabuhan ikan bertaraf internasional. Provinsi Maluku dan akan dijadikan sebagai lumbung ikan nasional.

“Sekarang ini di sektor perikanan tangkap dan budidaya sedang kita fokuskan pembangunan di Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara,” kata Luhut di Jakarta dalam siaran pers yang diterima Elangnews.com, Kamis (25/2/2021).

Dalam rapat koordinasi yang digelar kemarin, Maluku bakal dijadikan sebagai Lumbung Ikan Nasional (M-LIN). Maluku akan dijadikan kawasan produksi ikan yang akan diekspor langsung ke berbagai negara di Eropa, Asia, Timur Tengah, Amerika, dan Australia.

Baca Juga:   Jokowi Hapus Abu Batu Bara sebagai Limbah B3, Lonceng Kehancuran Kesehatan & Lingkungan

“Kita perlu percepat infrastruktur pembangunannya, supaya bisa cepat juga kita gunakan,” ujar Luhut.

Menurut Luhut, infrastruktur yang dibutuhkan ini adalah pelabuhan perikanan bertaraf internasional dan Ambon New Port. Pelabuhan ini nantinya dibangun dengan konsep pelabuhan terintegrasi yang di dalamnya akan diisi oleh terminal petikemas internasional dan domestik, kawasan industri dan logistik, serta terminal LNG, dan pembangkit listrik.

Maluku, kata Luhut, memiliki potensi perikanan terutama pada sektor perikanan tangkap di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) titik 714, 715, dan 718.

Baca Juga:   Ketika AS dan Cina Bersatu di Maluku, Olah Tembaga Indonesia

Sebelumnya di tiga titik ini, terdapat estimasi potensi produksi perikanan yang pada awalnya mencapai 750.000 ton per tahun. Kemudian, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali melakukan pembaruan terkait data tersebut dan tercatat potensi perikanan yang ada mencapai 950.000 ton per tahun dengan target produksinya sebesar 665.000 ton per tahun.

“Untuk itu perlu secepatnya dibangun infrastruktur yang mampu mengolah potensi yang ada,” tandas Luhut.