Menteri Luhut Targetkan Bali Kebal Covid Juli 2021
Menko Maritim dan Investasi . (Foto: Martim.go.id)

Elangnews.com, Jakarta – Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menargetkan mengalami kekebalan kelompok (herd immunity) Juli 2021. Dengan demikian bali bisa dikatakan green zone.

Harapan Luhut tersebut disampaikan di Nusa Dua, Bali, belum lama ini sekaitan acara forum investasi yang melibatkan enam duta besar negara pemasok turis asing serta kementerian dan lembaga di Indonesia.

“Saat ini pemerintah masih melarang wisatawan mancanegara untuk masuk ke Indonesia. Tapi peraturan itu lagi kita evaluasi,” kata Luhut.

Baca Juga:   Syahnaz Kenang Terpapar Covid 19, Sedih dan Kuatir

Luhut yakin karena pemerintah terus mengupayakan sampai bulan depan sudah bisa melakukan vaksinasi kepada 1,8 juta orang atau 2 juta.

“Bulan April-Mei kita bisa tambah 1 juta orang sehingga Juli harapan kami sudah terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok) dan Bali jadi green zone,” ujar Luhut.

“Dengan terbentuknya herd immunity kita berharap Bali dapat segera membuka akses untuk wisatawan asing meskipun kunjungan wisatawan domestik juga didorong penambahannya,” tambahnya.

Baca Juga:   Polemik Vaksin Nusantara, IDI Kepada DPR: Awasi BPOM, Tapi Jangan Intervensi

Luhut juga mengatakan Bali juga harus melakukan diversifikasi ekonomi sehingga ke depan tahan terhadap guncangan. Ke depan Bali tidak hanya tentang tetapi juga mengenai ekonomi kreatif, pendidikan tinggi, energi terbarukan, pertanian dan wisata kesehatan.

“Karena itu pemerintah juga akan mulai mengkaji pemberlakuan visa 5 tahun bagi warga asing. Kita akan memberlakukan kebijakan ini dalam waktu dekat supaya dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata misalnya dengan adanya work from Bali,” katanya. (Yat/red)