Luhut Targetkan Sekitar 30 Juta UMKM Naik Kelas pada 2023, Apa Maksudnya?
Menko Marves . (Foto: Maritim.go.id)

Elangnews.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Binsar Pandjaitan menyatakan dalam setahun terakhir sudah sekira 4 juta usaha mikro kecil dan menengah () masuk platform .

“Secara keseluruhan sudah 13 juta UMKM masuk digital dalam pemasaran produknya. Ditargetkan pada 2023 mencapai 30 juta UMKM,” kata Luhut dalam sambutan Pekan Kerajinan (PKJ) bertajuk “ Jabar Paten”, belum lama ini.

Baca Juga:   Investigasi Kebakaran Kilang Balongan Masih Berjalan, Sanksi Sudah Disiapkan

Dikatakan Luhut, Indonesia memiliki belanja modal barang sekitar Rp1.300 triliun. Dari total dana sebesar itu ada Rp17 miliar dolar AS yang bisa dihemat dan bisa digunakan untuk belanja barang produk dalam negeri, seperti teknologi, barang-barang. Dan peran UMKM dinilai sangat penting.

Baca Juga:   Petani Jabar Menolak Impor Beras 1 Juta Ton

Menurut Luhut, peluang ini harus dimanfaatkan sehingga masyarakat Indonesia menggunakan produk-produk dalam negeri. “Presiden kemarin saya lapori mengenai angka ini, beliau mendorong supaya kita lebih kreatif lagi memanfaatkan ini,” ujarnya.

“Sehingga kita mengurangi impor dan memutar dana tadi serta menciptakan lapangan kerja dan membuat kita lebih hebat,” tambahnya. (Yat/Red)