DPR Setuju Penambahan Menteri Investasi, Kabinet Jokowi Semakin Gemuk
Ilustrasi investasi (Sumber: app6709.bigbigabum37.icu).

Elangnews.com, Jakarta – RI menyetujui rencana , membuat . Kesepakatan ini diambil di DPR, Jumat (9/4).

Itu artinya, menteri kabinet akan bertambah. Saat ini, ihwal investasi ditangani oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi.

Sebelumnya, Jokowi bersurat kepada DPR bertarikh Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021. Orang nomor satu di Indonesia itu meminta agar bisa menyetujui pengubahan Kementerian.

Baca Juga:   Bola Panas Istana: RUU Pemilu, Kudeta Demokrat, dan Reshuffle Kabinet

DPR pun telah membahasnya dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 8 April lalu. Kemudian membawanya ke rapat paripurna untuk disetujui.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam Rapat Paripurna DPR menyebutkan, Rapat Pengganti Bamus DPR menyepakati pembentukan Kementerian Investasi. Dia beralasan kementerian tersebut dapat meningkatkan investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan di Indonesia.

Baca Juga:   DPR Sebut Mensos Juliari Tak Bisa Dihukum Mati Dengan Pasal Dakwaannya

Selain itu, kata Dasco, Rapat Pengganti Bamus DPR juga menyetujui penggabungan sebagian tugas dan fungsi Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Nantinya, Kemendikbud berubah menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi.
(syah/red)