Di Tengah Pagebluk Covid-19, Masyarakat Indonesia Yakin Ekonomi Akan Membaik
Ilustrasi:

Elangnews.com, Jakarta – Pandemi Covid-19 yang sudah setahun menginfeksi Indonesia tetap menyisakan sikap optimisme masyarakat Indonesia. Mereka percaya ke depan akan membaik.

Hasil Survei Konsumen yang dilakukan Bank Indonesia, Februari 2021 mengindikasikan optimisme dan harapan masyarakat Indonesia masih kuat. Ini terlihat dari (IKK) Februari 2021 sebesar 85,8, sedikit meningkat dari 84,9 pada Januari 2021.

Baca Juga:   BI akan Terbitkan Rupiah Digital, Bahayakah?

Keterangan Humas BI menyebutkan, keyakinan konsumen terpantau menguat pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp1-3 juta per bulan. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 7 kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Makassar.

Di Tengah Pagebluk Covid-19, Masyarakat Indonesia Yakin Ekonomi Akan Membaik

“Keyakinan konsumen yang membaik pada Februari 2021 ini didorong oleh persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini, baik dari aspek ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, maupun ketepatan waktu pembelian barang tahan lama,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono yang dikutip dari laman BI, Senin (8/3/2021).

Baca Juga:   Tak Kunjung Direalisasi, Petani Plasma TIR Cilebar Surati Menkeu

Begitu juga, lanjutnya, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap positif dan relatif stabil dibandingkan dengan ekspektasi pada bulan sebelumnya. “Ini ditopang oleh ekspektasi terhadap penghasilan ke depan,” dikutip dari rilis. (Yat/Red)