Catat! Batas Lapor SPT sampai 31 Maret 2021
Ilustrasi . (Sumber: Elangnews.com)

Elangnews.com, Jakarta – Bagi para wajib (WP), diberitahukan bahwa masa laporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak 2020 berakhir hingga 31 Maret 2021. Diharapkan WP dapat melaporkannya baik secara daring maupun ke loket pajak.

Untuk memudahkan pelaporan di tengah pandemi, pemerintah memberikan alternatif kemudahan untuk melaporkan SPT. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah menambah fitur pengiriman one time password (OTP) melalui Short Message Service (SMS).

Ini adalah layanan alternatif selain pengiriman token (kode verifikasi) melalui email. “Saat peak time layanan, pengiriman kode verifikasi memakan waktu yang lama agar diterima oleh WP. Oleh karena itu, diperlukan metode pengiriman kode verifikasi yang dapat memudahkan WP, salah satunya menggunakan metode SMS melalui operator seluler,” dikutip dari keterangan pers DJP, (17/3).

Baca Juga:   Kasus Dugaan Suap Pajak, KPK: Ada Tiga Klaster

Hanya saja fitur ini tidak gratis. Operator seluler mengenakan biaya layanan pengiriman SMS kepada penerima SMS. Ketika WP akan menyampaikan atau mau submit SPT melalui daring, WP dapat memilih kode verifikasi melalui dua cara, yaitu email tanpa dipungut biaya dan SMS.

Seperti diketahui, berdasarkan data DJP, per 1 Maret 2021, sebanyak 3,82 WP sudah melaporkan SPT tahun pajak 2020. Dari angka tersebut 3,67 juta SPT Tahunan 2020 yang dilaporkan berasal dari wajib pajak orang pribadi (WP OP).

Baca Juga:   Komite Keselamatan Jurnalis Desak Polisi Usut Penyekap Wartawan Tempo

Catatan , 3,53 juta WP OP melaporkan SPT Tahunan melalui e-filling, sedangkan 137.505 secara manual. Sisanya yakni 149.950 SPT Tahunan yang dihimpun otoritas pajak hingga hari ini berasal dari wajib pajak badan. Sebanyak 126.778 korporasi telah melaporkan pajaknya secara online atau e-filling, dan 23.172 WP badan masih lapor SPT Tahunan di kantor pajak.
(syah/red)