Cara Produsen Kopi Karen Merlin Soejatono Menyiasati Pandemi
Produsen kopi nasional (kanan) bersama Ketua Umum Dewan Kopi Indonesia Anton Apriyantono serta Dubes Indonesia untuk Finlandia merangkap Estonia Ratu Silvy Gayatri. (Foto: Istimewa)

Elangnews.com, Jakarta – Sektor usaha baik pengusaha skala besar maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) nasibnya sama saja dalam setahun masa pandemi Covid-19. Tapi sebagian orang, kondisi ini menyiasatinya dengan cara kreatif dan optimistis.

Produsen kopi nasional Karen Merlin Soejatono juga merasakan kondisi yang sama. Apalagi dengan aturan pemerintah yang sangat ketat terkait protokol kesehatan yang memaksa karyawan sebagian melakukan work from home (WFH) atau stay at home.

“Tapi season ini bisa menjadi point lebih untuk industri kopi Indonesia karena masyarakat yang dianjurkan berdiam di rumah yang akhirnya konsumsi kopi meningkat,” kata Karen kepada Elangnews.com, Jumat (12/3/2021).

“Walau di sisi yang lain yaitu kedai-kedai dan kafe berkurang omset maupun penghasilanya karena pengunjung berkurang,” tambahnya.

Menurut Bendahara Dewan Kopi Indonesia () ini, kondisi ini jangan disikapi negatif dan berdiam diri. Karen mengajak para pegiat dan pengusaha kopi tetap bersemangat, kreatif dan berimprovisasi untuk tetap tidak menyerah dengan kondisi dan keadaan yang terjadi.

Kondisi pandemi, lanjut Karen, tidak bisa disikapi dengan cara-cara yang biasa. Pengusaha harus kreatif mencari cara dan peluang untuk tetap eksis. “Justru dalam masa pandemi ini juga untuk perdagangan online lebih meningkat dikarenakan orang kebanyakan stay at home,” ujarnya.

“Intinya kita sebagai pengusaha harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi sehingga bisa adaftif,” kata pemilik merek Kopi Karen ini.

Karena misalnya dalam mengembangkan produknya terus meningkatkan kualitas baik dari sisi produk, layanan, promosi dan kemasannya.

Cara Produsen Kopi Karen Merlin Soejatono Menyiasati Pandemi

“Kopi Karen lebih meningkatkan mutu, taste kopi yang lebih nikmat, kemasan yang menarik, dan iklan yang bagus. Dengan begitu usaha kita akan tetap berjalan dengan baik, dan kita juga semangat,” ujarnya.

Karen yakin, apapun yang diusahakan dengan baik dan sungguh sungguh hasilnya akan baik. “Selain dengan usaha dan ikhtiar kita barengi juga dengan doa dan hasilnya apapun juga kita pasrahkan kepada Allah dan kita syukuri, niscaya akan menjadikan hidup kita lebih baik,” sarannya.

“So, kita harus tetap semangat dan tetap ngopi sehat, ngopi nikmat dan ngopi cantik bagi para perempuan dan ibu-ibu,” tutup Karen sambil mengucapkan Selamat Hari Kopi Nasional, 11 Maret 2021. (Yat/Red)