BMKG Angkat Bicara Menyoal Suara Dentuman Misterius di Jawa Tengah

ElangNews.com – Kabar mengenai suara keras pada dini hari sempat terdengar di beberapa wilayah di Jawa Tengah ramai diperbincangkan di jagat sosial media. Senin pagi (11/5), kata # telah viral di twitter dan terus diperbincangkan oleh kalangan warganet.

Suara dentuman yang cukup keras itu terdengar di beberapa wilayah seperti Pati, Solo, Sragen hingga Boyolali. Akan tetapi, tak satupun yang mengetahui asal muasal lahirnya suara dentuman yang cukup keras di langit.

Sebagian warganet hanya bisa berspekulasi mengenai kabar asal muasal suara tersebut. Sebagian lainnya lagi berharap semoga agar tetap diberikan keselamatan dan dijauhkan dari keadaan buruk.

Dikutip dari Kompas.com (11/5), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika () pun angkat bicara mengenai tersebut. BMKG telah melakukan pemeriksaan melalui seluruh sensor gempa yang ada di Jawa Tengah terhadap gelombang seismik.

  Pemain Lokomotiv Moskow Meninggal Saat Jalani Latihan Mandiri

Pihak BMKG mengkonfirmasi bahwa peristiwa dini hari itu tidak ada kaitannya dengan gempa bumi. Daryono, selaku kepala bidang mitigasi gempa bumi dan tsunami menyebut bahwa ketika gempa terjadi dengan disertai sebuah ledakan, maka kedalaman hiposenter gempa itu sangat dekat dengan permukaan. Sehingga, hal itu akan tercatat dalam sensor gempa.

“Sehingga, kami memastikan bahwa sumber suara dentuman tersebut tidak berasal dari gempa tektonik.” ungkap Daryono dalam keterangannya secara tertulis.

BMKG telah mengaktifkan sekitar 22 sensor gempa yang tersebar secara merata di Jawa Tengah. Hal itu untuk memastikan jika ada gempa yang terjadi, maka aktifitasnya terekam dan bisa diketahui juga titik lokasi serta magnitudonya sebelum kemudian diinformasikan kepada publik.

  Pemain Lokomotiv Moskow Meninggal Saat Jalani Latihan Mandiri

Daryono menjelaskan pula bahwa bunyi ledakan akibat gempa yang sangat dangkal terjadi akibat adanya patahan batuan. Kejadiannya pun hanya akan sekali, tidak akan berulang kali.

Peristiwa dentuman keras yang terdengar di beberapa kawasan di Jawa Tengah pada dini hari tadi mengingatkan pada sebuah peristiwa yang terjadi sebulan yang lalu. Tepatnya pada 11 April 2020 lalu juga terjadi terjadi persitiwa mengenai suara dentuman keras yang terdengar di Bogor dan sebagian wilayah di Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here