HENDRIK LAGA – Seseorang yg masih memiliki luka batin, sulit menerima nasehat dari orang lain. Meskipun isinya baik, sebenarnya bukannya mereka tidak mau akan tetapi ada ketidaksingkronan kinerja otak disana. Sehingga sulit mencerna nasehat untuk berubah.

Biasanya otak kiri tidak banyak aktif dan lebih banyak digerakkan oleh sistem limbik. Mereka ini amigdalanya sangat aktif dan hipokampusnya penuh dengan ingatan atau memori yg buruk.

Setiap waktu bagian otak yg bertugas menyimpan ingatan ini, memproyeksikan ingatan2 buruk. Sehingga membuat amigdalanya menyala dan membajak logika. Lama kelamaan pola ini membuat otak logika tidak bekerja dg baik.

Itulah mengapa meskipun orang ini pintar, walaupun dia rajin ibadah namun pengambilan keputusannya sering seperti anak kecil. Itulah juga mengapa, memberikan konseling kepada orang seperti ini sangat melelahkan.

Mereka kaku semaunya sendiri, hanya ingin didengar dan tidak mau perubahan.
Pikiran orang yg memiliki Trauma – Luka Batin akan menggiringnya pada kejadian serupa dengan penyebab Trauma – Luka Batinnya. Lagi dan lagi.. Terus begitu hingga dia paham sedang diingatkan oleh hatinya untuk menyelesaikan permasalahan didalam dirinya hingga tuntas.

Tapi jika ia terlambat paham maka banyak orang yg sudah terlanjur benci dengannya bahkan menghilang dari kehidupannya.

Waktu dia sudah sembuh.. Eh.. Sudah tidak ada siapa siapa lagi disampingnya.
Seorang dengan Trauma Luka Batin, tanpa dia sadari ia akan melukai orang orang terdekatnya. Bisa kepasangannya sendiri ataupun ke anak anaknya. Banyak kan kasus RT seseorang yg gagal berumah tangga kawin cerai kawin cerai. Yg memiliki luka batin melukai pasangannya dan pasangannya pun jadi korban dan memiliki luka batin. Atau kepada anak anaknya.

Atau apabila ia kuat memendam trauma luka batinnya maka ia pun sadar atau tanpa sadar akan melukai dirinya sendiri dengan muncullah berbagai penyakit dalam yg disebabkan dari psikis traumanya yaitu psikosomatis. Jika ini masih tidak ia pahami maka bisa berakibat komplikasi penyakitnya.

Atau kalaupun tidak ia mengerti atas luka batinnya dan ia pendam sendiri, dalam kasus tertentu ia akan cenderung tertekan, setres, depres, kesurupani bahkan sampai kena gangguan jiwa.

Luka Batin Dan Dampaknya Pada Kehidupan

Trauma – Luka Batin itu pada kasus kebanyakan :

1. TIDAK bisa sembuh dengan seiring berjalannya waktu. Contoh kecil orang dg fobia takut pada kecoa lalu ketika sudah lama, apakah ia gak akan takut lagi. Tetap takut sebelum itu disembuhkan. Ada pula oma opa dipanti jompo yg katanya pikun, beliau akan selalu ingat pengalaman pahitnya dimasa lalu yg memyakitkan sehingga dimasa tuanya beliau terlantar.

2. TIDAK bisa sembuh dengan dibawah kedukun, orang pintar, ustad. Banyak sudah orang awam yg sedikit2 ada kejadian aneh pada keluarganya lalu dibawah kedukun, irang pintar, paranormal atau keustad namun mereka tidak tahu bahwa itu murni gangguan psikis seseorang yg menganggunya dan seakan akan aneh lalu disangkut pautkan pada kejadian mistis dll.

3. TIDAK bisa sembuh dg dibacakan ayat suci atau ruqyah. Mungkin bisa sembuh sekali tapi akan kumat berkali kali. Ada banyak kasus yg mana keluarganya mengalami kesurupan atau abrereaksi mereka memanggil ahli ruqyah atau dengan cara mengaji. Kalau memang orangnya benar maka bisa jadi saat itu sembuh tapi dilain hari ia akan kambuh dan kumat kumat lagi.

4. Kebanyakan kasus Trauma – Luka Batin TIDAK bisa sembuh hanya dg beribadah biasa. Ada kasus anaknya kyai yg selingkuh, zina dg suami orang lain tanpa merasa berdosa padahal ia rajin sholat. Ternyata wanita ini dulunya kekurangan figur bapak (fatherless) padahal bapaknya kan kyai tapi mungkin bapaknya sering dakwah atau kawin lagi dan abai terhadap kebutuhan batin anak wanitanya. Sehingga anak wanitanya merasa haus cinta kasih seorang bapak2/suami orang lain walaupun ia sudah punya suami sah tapi dia mudah tertarik dan tergoda laki laki lain.

Seseorang yg memiliki Trauma Luka Batin kebanyakan menganggap dirinya baik baik saja padahal bermasalah, padahal ia suka kasar dan mudah emosi, tempramental pada orang dekatnya, padahal ia suka melakukan selingkuh, padahal ia suka melukai orang terdekatnya, padahal RT nya sudah kawin cerai kawin cerai berkali2 dll. Anehnya mereka merasa tidak ada masalah dan orang lainlah yg salah.

Saya beri Contoh yg lagi viral dimedia sosial
Artis KALINA mantan istrinya Dedy Corbuzier telah gagal RT dan menikah sebanyak 3 kali dan gagal lagI kemudian menjalin hubungan serius dg artis juga. ditelusuri Dimasa lalu

KALINA kurang/tidak dekat hubungan dg bapak kandungnya sehingga ia Fatherless. Saat ini kalina menjalin hubungan dan mau menikah dg artis .

VICKY PRASETYO seorang artis duda dan vicky telah menikah sebanyak 24 kali. Terakhirnya vicky prasetyo menikah dg Angel Lelga. Walaupun ia berakhir dipenjara oleh Kasus RT nya sendiri. Liat videonya kemarahan vicky pada angel lelga yg kayak orang kalap dan menuduh Selingkuh dan zina dg laki2 lain.

Akibatnya yg kalap itu akhirnya vicky tidak memiliki bukti kuat lalu dituntut Balik angel lelga dan masuk penjara. Dalam hal ini bisa kita liat, kenapa Vicky Prasetyo itu nikah sampai 24 kali..? Sebab dulunya pernah disakiti oleh wanita dan sadar ataupun tanpa sadar ia membalas dendam pada banyak wanita2.

Disinilah perlu adanya kesadaran baik pada diri kita sendiri Untuk keluarga kita untuk masa depan diri sendiri, keluarga maupun masa Depan anak anak. Kalau ada trauma atau luka batin pada diri kita, putus rantai itu dan jangan diwariskan pada anak anak atau jangan melukai orang lain.

Tanyakan pada diri kita sendiri.
1. “Apakah masih ada orang atau kejadian yg belum aku ikhlaskan?”
2. “Apakah masih ada orang yg belum aku maafkan?”
3. “Apakah ada kenikmatan dibalik penderitaanku?”
4. “Sudah berapa banyak kerugian baik materi atau non materi yg sudah berlangsung akibat dari trauma luka batin, RT berantakan, kawin cerai, anak anak yg jadi korban keluarga broken home, penyakit dalam dan komplikasi, setres dan depresi berlarut2?”

Lantas Solusinya bagaimana..?
Sudah sering saya sampaikan segera Konsultasi kepsikolog terdekat dan lakukan sesi terapi pemulihan batin kepsikolog ataupun ke hypnoterapis profesional. Beliau ini Telah belajar, sekolah dan berkompetensi atas keiLmuannya dimana hal ini adalah Perantara kepanjangan tangan tangan Tuhan.

Ada yg komen:
“Mendekatkan diri kepada Tuhan itu solusinya.”

Saya Setuju sekali, tapi apakah mereka yg depresi dan tertekan tidak ihtiar mendekatkan diri kepada Tuhan, apakah mereka tidak beribadah atau tidak sholat, apakah anak kyai itu tidak melakukan perintah agamanya..?”
“Atau Mungkin mendekatkan diri kepada Tuhan dalam Kematian..?”

Terkadang orang yg memiliki Trauma Luka Batin pun cenderung mudah tersinggung. Termasuk pada postingan tulisan saya diatasa. Padahal ini adalah ilmu dan wawasan yg baik.

JANGAN PERNAH MENGANGGAP SEPELEH DG TRAUMA atau LUKA BATIN dimasa lalu. Dampaknya sangat sangat mengganggu mental dan kehidupan dimasa depan.

HENDRIK LAGA
QUANTUM Resources Terapis Indonesia
Spiritualis – Trainer – Hypnoterapis – Konsultan

Berita Berita Pendidikan : Luka Batin dan Dampaknya Pada Kehidupan, ElangNews.com.