Harimau Sumatra Tertangkap Kamera, Netizen Senang
di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. (Foto: LHK)

Elangnews.com, Jakarta – Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berhasil menangkap gambar tiga ekor Harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae). Ketiganya diduga induk dan dua ekor anaknya dan terpantau dalam kondisi sehat.

dalam publikasinya, Sabtu (27/3/2021), menyebutkan gambar tersebut merupakan bagian dari pemantauan berkala yang dilakukan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan PT Lestari Asri Jaya.

Menurut Kementerian LHK, terekamnya tiga ekor Harimau sumatra ini menunjukkan, habitat satwa dilindungi tersebut masih terjaga. Juga ketersediaan pakan yang cukup sehingga satwa bisa berkembang biak dengan baik.

“Ini juga bukti yang mendukung terhadap capaian upaya peningkatan populasi satwa liar prioritas Harimau sumatra di Taman Nasional Bukit Tigapuluh.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh terletak di antara beberapa provinsi dan juga kabupaten. Tepatnya di Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir (Riau) serta Kabupaten Tebo dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi).

Sejumlah netizen mengaku senang dengan masih terjaganya lingkungan dan ekosistem Harimau sumatra. Mereka juga meminta pemerintah konsisten dengan program yang sudah berjalan dan tegas kepada perusak lingkungan.

“Alhamdulillah, semoga ekosistem pegunungan Bukit Barisan Sumatera tetap terjaga. Karena ini adalah salah satu rantai makanan yang harus terjaga kelestariannya secara alami. Kami harap pemerintah memiliki tindakan yang tegas dan kongkret bagi mereka yang merusak hutan. Kami bisa hidup lewat hasil hutan bukan menjadikannya habis. Belajar dari musibah Kalsel. Kami harap rencana blue print jangka panjang terealisasi,” tulis seorang netizen.

“Semoga kita bisa menjaganya tetap ada, agar anak cucu kita tahu bukan hanya dongeng atau mitos saja. Aamiin,” komentar netizen lainnya.(Yat/Red)