Kelengkapan Berkas Peserta Lolos Tahap 1 SBMPN Politeknik 2020

ElangNews.com – Kelengkapan Berkas Peserta Lolos Tahap 1 2020. Seleksi masuk Negeri, melalui jalur , akan dilaksanakan dalam 2 tahap.

  1. Tahap 1: Seleksi portofolio berdasarkan prestasi akademik.
  2. Tahap 2: Tes kemampuan akademik dasar.

Jalur SBMPN merupakan seleksi Jalur Tes yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan di bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah dan Kejar Paket C (lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020).

  1. Peserta lolos tahap 1 WAJIB mengirimkan berkas, sesuai ketentuan. Pengiriman berkas dimulai tanggal 4 Juli 2020, dan berkas diterima panitia paling lambat tanggal 10 Juli 2020 (atau tanggal 6 Juli 2020 berdasarkan cap pos dengan pengiriman tercatat). Pengiriman berkas di luar jadwal tersebut, tidak akan diproses. Peserta lolos tahap 1, yang tidak mengumpulkan berkas sesuai jadwal pengiriman berkas, dianggap gugur.
  2. Semua berkas disusun rapih dan diurutkan (mulai dari depan):
    1. Printout bukti pendaftaran dari SBMPN
    2. Pas Foto 4×6 sebanyak 2 buah diberi identitas (nama dan asal sekolah) masukkan kedalam plastik (latar belakang warna merah)
    3. Surat Keterangan Sehat
    4. Surat Keterangan Tidak Buta warna (Jika Memilih Prodi Teknik/Rekayasa atau bila dipersyaratkan)
    5. Fotokopi akte kelahiran
    6. Fotokopi rapor semester 1 s.d. 6 yang telah dilegalisir (untuk masa belajar 3 maupun 4 tahun). Perhatian: tiap halaman fotokopi rapor wajib dilegalisir.
    7. Fotokopi SKL atau Ijasah
    8. Printout Bukti Pendaftaran KIP-K bagi yang mendaftar melalui jalur KIP-K
    9. Fotokopi Sertifikat Bukti Prestasi yang sudah dilegalisir oleh sekolah (jika ada, apabila lebih dari satu urut berdasarkan prioritas)
    10. Fotokopi KTP orang tua (ayah/wali dan ibu).
    11. Fotokopi bukti penghasilan ayah/wali dan ibu, dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. Slip gaji/surat keterangan penghasilan ayah/wali dan ibu dari instansi/perusahaan yang bekerja di sektor formal, yang ditandatangani oleh pimpinan instansi/perusahaan, atau
      2. Surat keterangan penghasilan ayah/wali dan ibu dari kelurahan bagi yang bekerja di sektor informal (buruh harian lepas, pedagang, petani, pengemudi online, dll.)
    12. Fotokopi Kartu Keluarga
    13. Fotokopi Rekening listrik 1 bulan terakhir atau bukti lain yang menyatakan besar daya listrik yang terpasang pada rumah peserta (surat pemasangan KWH meter atau bukti pembelian token listrik)
    14. Surat pernyataan yang telah ditandatangani oleh peserta. Format/template surat pernyataan dapat diunduh di sini.
  3. Ujian/tes kemampuan akademik dasar (seleksi tahap 2): 14 Juli – 23 Juli 2020. Ujian dilaksanakan di POLBAN, jadwal menyusul.
  4. Pengumuman Lolos SBMPN Politeknik negeri Bandung: 25 Juli 2020
  5. Daftar Ulang Calon Mahasiswa Melalui jalur SBMPN: 3 Agustus – 5 Agustus 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here